Beranda DPRD Dewan Harapkan Pemkab Kapuas Terus Tingkatkan SDM Masyarakat

Dewan Harapkan Pemkab Kapuas Terus Tingkatkan SDM Masyarakat

217
0

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas-DPRD Kapuas mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat.

“Peningkatan SDM tersebut dengan melaksanakan pelatihan yang difokuskan dalam bidang pemberdayaan,” kata anggota DPRD Kapuas, Sri Umi, di Kuala Kapuas, Jumat, 30 Oktober 2020.

Hal ini penting dilakukan, mengingat program Nasional dibidang pertanian menjadi prioritas Presiden RI, Joko Widodo untuk Kalimantan Tengah yang mana Kapuas menjadi salah satunya Kabupaten yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan program food estate.

Dengan adanya program itu, SDM masyarakat harus disiapkan, sehingga tidak menjadi penonton di Kampungnya sendiri.

Menurut dia, pelatihan jangan hanya untuk petani saja, akan tetapi juga diberikan kepada pelaku usaha.

“Pelatihan tersebut seperti dalam bidang perbengkelan untuk mekanisasi alat pertanian, usaha mikro kecil dimana saat ini program dari pusat sedang menggelontorkan bantuan usaha untuk mikro kecil menengah dan pengrajin rotan dan purun juga bisa terlibat,” ucap Sri Umi.

Karena lanjut dia, melalui program food estate ini akan berdampak pada berkembangnya pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahteran (PKS) ini berharap kepada pemuda dan pemudi Kalteng khususnya di Kabupaten Kapuas agar mempersiapkan diri dan tentunya harus dibantu oleh Dinas teknis terkait.

Untuk petani tentunya harus diberikan pelatihan tentang manajamen tata kelola pembukuan serta administrasi dan Pengembangan Koperasi dan Bandan Usaha Milik Desa (BUMDES).

“Begitu juga dengan badan usaha juga harus diberikan kesempatan untuk terlibat didalam program food estate sebagai penggerak ekonomi kerakyatan, termasuk dalam bidang wisata kuliner yang harus disiapkan Pemkab Kapuas,” pungkasnya.(Djemmy Napoleon/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here