Site icon zonakalteng.co.id

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Buka Sosialisasi Juknis BOS Reguler dan Penyusunan RKAS

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas – Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, H. Suwarno Muriyat membuka sosialisasi petunjuk teknis dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) regular dan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Kegiatan tersebut diikuti kepala sekolah, operator dan bendahara BOS Sekolah dasar, se kecamatan Kapuas Kuala..

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut, H Suwarno Muriyat, Kabid Pembinaan SD, Kabid Pembinaan Ketenagaan dan Kasi Kesiswaan Bidang SD.

Kepala Disdik Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan, bahwa pasal 12 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 dana BOS dapat digunakan untuk membiayai sebanyak 12 komponen secara fleksibel, namun tetap sejalan dengan regulasi.

Kepala Sekolah, lanjut dia, dapat menentukan komponen penggunaan Dana BOS Reguler sesuai kebutuhan sekolah.

Demikian pula larangannya agar menjadi pedoman dan perhatian bersama. Sebab penilaian akhir semester dan ujian akhir tahun pelajaran 2020/2021 sebentar lagi akan dilaksanakan.

“Jika memungkinkan dapat dilakukan secara luring, namun sebelumnya harus melengkapi berbagai sarana pendukung protokol kesehatan serta berkoordinasi pada Satgas Penangan Covid-19 agar tidak menimbulkan klaster baru,”  kata Suwarno Muriyat, Rabu, 14 April 2021.

Suwarno Muriyat yang juga Anggota Satgas Penanganan Covid-19 Kapuas, juga meminta jajarannya untuk tiada henti berinovasi temukan hal baru sebagai wujud adaptasi kebiasaan baru dalam pengelolaan pengajaran dimasa pandemi covid-19.

Namun, harus bersinergisitas dengan berbagai program Kemendikbud maupun program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas.

Sebelumnya Camat Kapuas Kuala, Inop dalam sambutannya meminta agar seluruh Kepala Sekolah dalam wilayahnya secara cermat menggunakan dana BOS.

Jika ada kerusakan ringan sarana dan prasarana sekolah dapat diperbaiki dengan dana BOS atau swadaya tanpa harus menunggu dari pemerintah.

“Mari bersama kita tingkatkan kinerja maupun dedikasi kita demi mencerdaskan anak bangsa,” pintanya

Sementara itu Plt Korwil Bidang Pendidikan setempat Ibramsyah melaporkan bahwa sosialisasi dan bimtek diikuti sebanyak 36 peserta secara langsung namun tetap menerapkan protokol kesehatan dan 5M.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kadisdik dan Tim Manajemen BOS SD berkenan hadir untuk memberi sosilisasi ini. Semoga dana BOS semakin tepat guna dan sasaran dalam penyusunan dan pemanfaatannya,” pungkas dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

Exit mobile version