Beranda Kapuas Distan Kapuas Bersama Balai Veteriner Ambil Sampel Darah Sapi Pantau Penyakit...

Distan Kapuas Bersama Balai Veteriner Ambil Sampel Darah Sapi Pantau Penyakit Jembrana

20
0

Barselnews, Kuala Kapuas, Dinas Pertanian Kapuas Kalimantan Tengah bersama Balai Veteriner Banjar Baru, Kalimantan Selatan melakukan pemantauan penyakit Jembrana melalui pengambilan sampel darah pada ternak sapi.

“Pengambilan sampel darah ini dilakukan terhadap ternak sapi bali, dan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran penyakit jembaran pada sapi,” kata Kepala Dinas Pertanian Anjono Bhakti melalui Kasi Kesehatan Hewan(Keswan) Drh Anik Ariswandani, di Kuala Kapuas, Selasa (29/1/2019).

Ia mengatakan, pengambilan sampel darah pada ternak sapi Bali itu dilaksanakan pihaknya di tiga kecamatan yakni di Kecamatan Mantangai, Kecamatan Basarang, dan Kecamatan Kapuas Murung.

“Karena pada tiga kecamatan ini merupakan lokasi peternakan milik kelompok tani binaan Dinas Pertanian,” ucapnya.

Ia menjelaskan, penyakit jembrana merupakan penyakit viral pada sapi, biasanya penyakit ini ditemukan pada sapi bali. Adapun penyakit ini ditandai dengan berbagai gejala seperti depresi, anoreksia, demam, perdarahan ekstensif dibawah kulit, dan pembengkakan pada kelenjar limfa.

“Terutama limfoglandula prefemoralis, dan preskapularis serta adanya diare berdarah. Ditemukan juga pada banyak kasus penyakit yang disertai perdarahan kulit, sehingga penyakit ini juga disebut sebagai penyakit keringat darah,” jelasnya.

Anik Ariswandani juga menambahkan, penularan penyakit ini diantaranya melalui gigitan lalat kandang, dan nyamuk. Oleh karena itu peternak disarankan menjaga kebersihan kandang untuk mencegah berkembang biaknya vektor pembawa penyakit tersebut.

“Disamping mengambil sampel darah, kita juga memberikan penyuluhan kepada kelompok tani yang beternak sapi agar melakukan pencegahan terhadap penyakit itu dengan selalu membersihkan kandang sapi,” demikian Anik Ariswandani.(JM/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here