Beranda Kapuas Disbudpora Laksanakan Sejumlah Kegiatan Sambut Hari Jadi Kapuas

Disbudpora Laksanakan Sejumlah Kegiatan Sambut Hari Jadi Kapuas

161
0

Barselnews, Kuala Kapuas-Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kapuas, Kalimantan Tengah bakal mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan menyambut hari jadi kota Kuala Kapuas ke 213, dan HUT ke 68 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Kepala Disbudpora Tatang Lesmana menyampaikan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yakni festival budaya tingang menteng panunjung tarung, Balian, Mamapas lewu, dan kemudian Laluhan.

“Kita sudah melaksanakan lomba festival budaya dimana berbagai lomba diantaranya,seni tari, karungut, lomba gasing, lawang sekepeng yang dimulai dari tanggal 11 hingga 14 Maret 2019 lalu,” katanya, di Kuala Kapuas, Jumat (15/3/2019).

Setelah itu kata dia, pihaknya selanjutnya akan Balian, dan Mamapas Lewu Tolak Bala, dan kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 18- 21 Maret 2019 yang kemudian dilanjutkan dengan lomba pemilihan jagau lingah, dan Bawi kameloh.

“Untuk ritual Balian akan dilaksanakan dibalai adat, dan kegiatan itu bertujuan memohan kepada Tuhan yang Maha Kuasa dibarengi dengan mamapas lewu dengan tujuan menolak bala (Bencana) di kabupaten Kapuas, dengan sasaran rumah jabatan Bupati Kapuas,Wakil Bupati Kapuas perkantoran hingga perbatasan Kalteng dan Kalsel kecamatan Kapuas Tumur kilo meter 14.

“Saya berharap kabupaten Kapuas selalu aman, dan kondusif sampai pemilihan calon anggota legislatif (Caleg) dan Pilpres pada 17 April 2019 mendatang,” kata Tatang Lesmana.(JM/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here