Beranda Kapuas Jelang HUT Kapuas Digelar Balian Mamapas Lewu

Jelang HUT Kapuas Digelar Balian Mamapas Lewu

101
0

Barselnews, Kuala Kapuas-Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar Balian Mamapas Lewu menjelang Hari Jadi ke 213 Kota Kuala Kapuas, dan Hari Ulang Tahun ke 68 Pemerintah Kabupaten kabupaten setempat pada tanggal 21 Maret 2019.

Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor mengatakan, dalam ritual adat Balian Mamapas Lewu ini ada 13 lokasi yang akan dituju.

“13 lokasi yang dituju itu yakni rumah jabatan Bupati, Kantor Dinas Pendidikan, Dinas PUPRPKP, BAPPEDA, Kantor DPRD,” katanya usai melepas secara resmi kegiatan tersebut di Balai Agama Hindu Kaharingan Jalan Melati Kota Kuala Kapuas, Rabu (20/3/2019) pagi.

Kemudian rujab wakil bupati, rujab Ketua DPRD, Kodim 1011-KLK, Polres Kapuas, rumah jabatan Sekretaris Daerah, Kantor Bupati, Betang Sei Pasah, dan Citimall Kapuas.

“Para rombongan tersebut nantinya akan masuk ke dalam setiap ruangan berkeliling sambil membaca doa-doa ritual adat diiringi tabuhan katambung,” ucap dia.

Sementara tokoh agama Hindu Kaharingan Kapuas, Sulatin menyampaikan, ritual yang dilaksanakan ini bertujuan untuk membersihkan kampung atau daerah dari hal-hal buruk atau menolak bala.

Pantauan Barselnews, pada kegiatan tersebut, rombongan iring-iringan yang melaksanakan balian mamapas lewu itu menuju ke 13 lokasi dengan diiringi lantunan alat musik tradisional.

Rombongan iring-iringan yang melaksanakan ritual adat itu dipimpin oleh ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kapuas, Talinting E Toepak.(JM/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here