Beranda Kapuas BPBD Kapuas Bakal Bangun Gudang Logistik Penyimpanan

BPBD Kapuas Bakal Bangun Gudang Logistik Penyimpanan

23
0

Barselnews, Kuala Kapuas-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Kalimantan Tengah bakal membangun gudang logistik untuk memudahkan penyimpanan logistik apabila terjadi bencana.

“Pembangunannya akan mulai dilaksanakan pada 2019 ini,” kata Kepala Pelaksanakan BPBD Kapuas Panahatan Sinaga Rabu 19 Juni 2019.

Dengan dibangunnya gudang logistik itu, maka akan memudahkan penyimpanan logistik bantuan dari pemerintah pusat apabila terjadi bencana sehingga tidak perlu lagi harus ke Palangka Raya untuk mengambil bahan logistik.

“Karena, kalau setiap kali ada bencana harus mengambil logistik dari pusat yang berada di Palangka Raya, tentu akan memerlukan waktu, dan biaya yang besar,” ujarnya.

Saat ini lanjut dia, sudah dilaksanakan lelang perencanaan, dan dirinya berharap bulan depan pembangunannya sudah mulai dikerjakan.

“Sebab kita tidak tahu yang namanya bencana tidak bisa diprediksi, dan tidak bisa ditunggu, dan kalau kita sudah memiliki gudang tentu lebih mudah dalam mendapatkan bantuan dari pusat,” ujar Panahatan Sinaga.

Menurut dia, Pemerintah pusat juga selalu menekankan agar BPBD Kapuas harus memiliki gudang logistik sendiri, dan ini selalu ditanyakan apabila mau mendapat bantuan dari pusat.

Ia juga mengatakan, selain gudang logistik, pihaknya juga sedang memikirkan untuk pembangunan kantor BPBD yang baru. Hal itu mengingat bangunan yang ada sudah tua termakan usia, bahkan pada ruang aula sudah tergenang apabila air pasang, dan demikian pula pada ruang Kepala BPBD.

Untuk penguatan kelembagaan tersebut harus menggunakan APBD Kabupaten Kapuas, dan tidak bisa dibantu dari pusat.

“Kalau saat ini APBD kita belum begitu kuat untuk membiayai pembangunan kantor baru yang rencananya dibangun dua lantai, yang mana lantai bawahnya dijadikan sebagai areal parkir,” demikian Panahatan Sinaga.(Djemmy Napoleon/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here