Beranda Kapuas Pemkab Kapuas Mulai Persiapkan Pilkades Serentak

Pemkab Kapuas Mulai Persiapkan Pilkades Serentak

16
0

Barselnews, Kapuas – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mulai mempersiapkanPemilihan Kepala Desa serentak 13 Desa di 7 Kecamatan.

Plt kepala DPMD Kapuas, Yan Andri Ale melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Kertidipora mengatakan, saat tahapan yang sudah dilakukan ditingkat desa yakni seleksi pemberkasan.

Sesuai dengan Perda Nomor 1/2015 bahwa calon Kades maksimal 5 orang dan minimal 2 calon. Namun ada tiga desa bakal calon Kades melebihi persyaratan atau lebih dari 5calon, maka dilakukan seleksi secara tertulis oleh panitia desa.

“Kita hanya memfasilitasi panitia desa untuk melaksanakan tes tertulis karena ada 3 desa calon kadesnya lebih dari 5 orang. Yakni Desa Sei Tatas ada 9 calon, Sei Tatas Hilir 6 calon dan Desa Sei Lunuk ada 7 orang calon Kades,”kata Kertidipora kepada Barselnews, Kamis 20 Juni 2019.

Ia menjelaskan,sesuai dengan Perda nomor 1/2015 dan Peraturan Bupati nomor 17/2017 tentang mekanisme pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara serentak yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2019 mendatang.

Sebelumnya lanjut dia, dalam aturan Perda bahwa Bakal Calon maupun calon Kepala desa harus dari warga lokal. Namun setelah putusan Mahkamah Konstitusi bahwa Calon Kades diperbolehkan warga yang berdomisili dari desa lain.

“Kita belum melakukan perubahan terhadap Perda tersebut, oleh sebab itu diterbitkan lah Perbub 17/2017 yang mengakomodir putusan MK,” ucap dia.

Dalam Perbup tersebut, lanjut dia, memperbolehkan Bakal Calon Kepada Desa dari luar wilayah atau dari luar desa. Suratnya sudah diedarkan hal ini untuk mengantisipasi gugatan.

Ia menambahkan, saat ini Pilkades serentak sudah memasuki tahapan penjaringan Bakal calon Kadesa yang diseleksi oleh panitia ditingkat desa.

Dari 13 Desa di 7 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades sudah siap. Adapun Kecamatan di daerah pasang surut diantaranya Kecamatan Bataguh, Basarang, Pulau Petak, Kapuas Murung dan Kecamatan Kapuas Kuala.

Dua Kecamatan di daerah Non pasang surut yakni kecamatan Pasak Telawang dan Kecamatan Kapuas Hulu.

“Sampai saat sudah memasuki tahapan penjaringan balon menuju calon Kepala Desa dan pihaknya optimis pelakasanaan Pilkedes dapat berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Hanya saja kami kesulitan untuk menghubungi pihak panitia di desa karena jaringan komunikasi,” pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here