Beranda Kapuas Camat Bataguh Sebut Pilkades Budi Mufakat Rasa Pilpres

Camat Bataguh Sebut Pilkades Budi Mufakat Rasa Pilpres

29
0

Barselnews, Kapuas – Camat Bataguh, Budi Kurniawan menyebutkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Budi Mufakat, bahkan di Kabupaten Kapuas rasa Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Ini untuk pertama kalinya di Desa Budi Mufakat, bahkan di Kabupaten Kapuas Pilkades seperti Pilpres,” kata Budi Kurniawan saat debat kandidat dan penyampaian visi misi tiga calon kades. Dilapangan Futsal Budi Mufakat. Rabu, 3 Juli 2019.

Ia mengatakan, hal tersebut karena dalam tahapan Pilkades ini ada debat kandidat antar calon. Ini merupakan terobosan yang mencerminkan bahwa demokrasi sudah sampai ke level yang paling bahwa.

Demokarasi, sambung dia, tidak hanya dalam pemilhan kepala Negara, Gubernur, Wali Kota dan Bupati sekarang pemilihan RT, kades pun harus melalui pemilihan secara demokrasi.

Namun yang paling penting ada regulasi aturan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) no 7/2018.

“Semua tahapan sudah tertuang dalam Perda tersebut. Untuk masa kampanye harus dipatuhi semua calon Kades sesuai dalam Perda dimaksud,” jelas dia.

Labih lanjut disampaikan pria yang hobby menabuh drumer ini, panitia sudah melaksanakan tahapan sesuai dengan surat edaran Bupati Kapuas yang ditujukan kepada seluruh camat yang melaksanakan Pilkedes serempak.

Masa waktu pelaksanaan kampanye terbuka dari 4-6 Juli 2019. Ia pun menekankan jangan pernah takut untuk membuat inovasi.

Karena desa sudah memiliki kewenangan untuk mengelola keuangan desa baik itu Alokasi Dana Desa dan Dana Desa namun tentunya untuk kemajuan bersama.

“Hari ini sebelum dimulai kampanye terbuka dilaksanakan penyampaian visi misi serta debat kandidat para calon Kades,” ucap dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here