Beranda Barito Selatan Bajakah Diyakini Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Penyakit

Bajakah Diyakini Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Penyakit

27
0

Barselnews, Buntok – Warga Dayak Ma’anyan meyakini ‘Wakai Kuruyaya’ akar-akaran yang lebih dikenal dengan Bajakah berkhasiat sembuhkan berbagai penyakit.

Salah seoarang tetua kampung di Kilometr 8 Desa Bundar, Kejam(82) mengatakan, sejak zaman dahulu kala suku dayak maanyan yang berada di perkampungan (Masih belum ada desa) setiap sakit selalu mengobatinya dengan wakai atau akar-akaran.

Menurutnya, akar-akaran atau wakai dimaksud banyak jenisnya. Seperti Bajakah (Bahasa Indonesianya Akar) yang saat ini lagi viral (Bahasa Ma’anyannya Wakai Kuruyaya), akar simawuket, akar tuwe (Tuba), akar kalawit, akar Sampai dan sebagainya.

Dari beberapa jenis Bajakah tersebut, lanjut dia, yang tidak bisa konsumsi hanya satu yakni bajakah tuwe atau akar tuba karena itu mengandung racun. Akar tube ini hanya digunakan masyarakat untuk menuba ikan.

Ia menceritakan, dahulu kala cara pengobatan yang dilakukan suku dayak Ma’anyan yakni dengan belian dan mengosumsi akar-akaran dari dalam hutan.
Khusus untuk akar-akaran ini, lanjut dia, tidak bisa sembarangan ambil ada syarat khusus yang harus dilakukan.

Cara mengosumsinya pun terlebih dahulu akar tersebut dijemur sampai benar-benar kering, kemudian direbus baru airnya diminum selama 7 Jumat (7 Minggu meminumnya setiap malam Jumat).

Saat ditanya apakah bajakah bisa mengobati stunting? Dirinya sempat bingung dan bertanya apa itu stunting setelah dijelaskan baru ia manggut-manggut.

Ia menjelaskan, sampai sekitar tahun 1980 jarang ada anak stunting rata-rata pertumbuhannya bagus. Saat itu, masuk sekolah dasar postur tubuh sangat ideal untuk ukuran anak.

“Tidak seperti sekarang anak-anak masuk SMP badannya kecil-kecil. Menurutnya hal itu karena para orang tua dahulu rajin mengosumsi akar-akaran untuk kesehatan,” jelas dia.

Meski tidak ada penelitian secara empiris dan penelitian dari Kesehatan bahwa Bajakah bisa mengobati stunting. Namun dirinya meyakini bahwa Bajakah bisa mengobati dan menyembuhkan stunting.

“Meski hasil penelitian akar Bajakah bisa menyembuhkan kanker panyudara, namun saya juga meyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk stunting,” ucap dia. (U/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here