Beranda Barito Selatan Ketua DPRD Barito Selatan Definitif dan Dua Wakilnya Ditetapkan

Ketua DPRD Barito Selatan Definitif dan Dua Wakilnya Ditetapkan

486
0

Barselnews, Buntok – DPRD Barito Selatan menetapkan pimpinan definitif. Ada tiga unsur pimpinan yang ditetapkan dalam rapat paripurna internal. Jumat, 13 September 2019.

Tiga pimpinan defenitif DPRD Barsel periode 2019-2024 yakni, HM. Farid Yusran dari PDIP sebagai ketua, karena sebagai Parpol peraih kursi terbanyak yakni tujuh kursi.

Kemudian wakil ketua I, H. Moch Yusuf atau yang akrab disapa Yusuf Kalem dari partai Golkar sebagai peraih tiga kursi DPRD Barsel dengan perolehan suara terbanyak setelah PDIP.

Dan wakil ketua II adalah Hj. Enung Irawati, sebagai perwakilan dari PKB yang berhasil meraih tiga kursi dewan, namun kalah jumlah perolehan suara dibanding Golkar.

Ketua DPRD Barsel, HM Farid Yusran menjelaskan berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MD3 dan UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, bahwa hak pimpinan DPRD merupakan hak dari Parpol dengan perolehan kursi terbanyak.

“Dimana partai dengan perolehan kursi terbanyak pertama, kedua, ketiga, itu mendapatkan hak untuk menjadi pimpinan DPRD,” kata Farid Yusran kepada Barselnews.

Ia menjekaskan, berdasarkan kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai Ketua DPRD, dirinya berjanji akan menjaga amanat tersebut dengan bekerja sebaik-baiknya demi kepentingan masyarakat.

“Dan kami sebagai petugas partai, telah dipercayakan oleh partai kami untuk menjadi ketua DPRD ini dan kami akan berupaya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Ia menambahkan, hasil penetapan ini merupakan dasar untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Tengah sebagai dasar pelaksanaan pelantikan ketiga pimpinan DPRD defenitif.

“Yang pasti ini penetapan baru langkah pertama untuk mendapatkan SK Gubernur, nanti setelah mendapatkan SK Gubernur kita akan melakukan pelantikan kembali, peresmian pengambilan sumpah jabatan, setelah itu nanti baru kita melangkah pada kegiatan-kegiatan berikutnya,” ucap dia. (U/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here