Beranda Headline Kemarau Panjang Sungai Muara Anjir Alami Kekeringan

Kemarau Panjang Sungai Muara Anjir Alami Kekeringan

23
0

Barselnews, Kapuas – Kemarau panjang melanda wilayah Kalimantan Tengah, berdampak pada sungai Muara Anjir, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas mengalami kekeringan, akibatnya transportasi air mengalami lumpuh total.

Salah satu warga Anjir Serapat, Harlambang, mengatakan, saat ini sungai muara anjir dari Kilometer 1- Kilometer 25 mengalami kekeringan mengakibatkan aktivitas sungai terhenti total.

“Sebelumnya tidak pernah parah seperti tahun 2019 ini yang mengalami kekeringan, tahun-tahun sebelumnya saat kemarau panjang ketinggian air masih sebatas lutut manusia,” kata Herlambang kepada Barselnews, Minggu, 22 September 2019.

Ia menceritakan, sebelum ada akses jalan darat, sungai muara anjir satu-satunya akses untuk beraktivitas. Sehingga setiap hari ramai lalulintas sungai.

“Aktivitas penumpang sungai selalu ramai, baik itu perdagangan, jasa angkutan. Namun setelah ada transportasi darat dan air PDAM sudah dinikamati warga perlahan lahan tarnsportasi sungai mulai ditinggalkan. Hanya ada kapal pedagang yang hilir mudik,” beber dia.

Ia menambahkan, kekeringan sungai muara anjir karena kemarau berkepanjangan sudah menjadi hal biasa. Hanya saja warga yang sering memanfaatkan sungai sebagai alat transportasi di daerah handil agak sulit untuk beraktivitas.

“Memang sungai ini menjadi lengenda bagi masyarakat Kapuas Timur, kapal tongkong pun bisa melintas. Namun karena kemarau panjang, sehingga mengalami kekeringan,”pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here