Beranda Headline Karhutla Meluas Hanguskan Satu Rumah Warga di Desa Saka Batur Dalam

Karhutla Meluas Hanguskan Satu Rumah Warga di Desa Saka Batur Dalam

26
0

Barselnews, Kuala Kapuas – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) meluas, menyebabkan satu rumah milik warga di Desa Saka Batur Dalam RT 10, Kecamatan Kapuas Hilir, ludes terbakar. Pada Minggu, 22 September 2019.

Ketua harian Balakar 545 Kapuas, Rahmad M Nor mengatakan, pada saat kebakaran rumah sedang kosong, karena ditinggal pemiliknya ketempat keluarga untuk membantu panen padi di Desa Tamban.

“Seluruh harta bnda an barang berharga tak dapat diselamatkan termasuk satu unit alat pertanian jenis Hand Traktor ikut ludes terbakar,” kata Rahmat M Nor kepada Barselnews, Senin, 23 September 2019.

Ia membeberkan, pemilik rumah panggilan atas nama Utuh. Kebakaran tersebut api berasal dari Karhutla disekitar Desa Saka Batur sejak siang hari.

Setelah beberapa jam kemudian sekitar jam 15.00 wib angin bertiup kencang, api pun mulai merembet ke pemukiman penduduk, sehingga mengakibatkan satu buah rumah terbakar beserta isinya dan satu unit hand traktor yang ada di samping rumah ikut terbakar.

“Kendala yang kita hadapi untuk melakukan pemadamam karena krisis air serta sumber air dari tempat kejadian sekitar 6 KM dan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua,” ungkapnya

Ia meminta kepada kepala Desa agar menginventarisir sumber air biar diusulkan untuk pembuatan embung atau normalisasi lagi parit dan handel. Biar air bisa mengalir.

“Ini menjadi masukan untuk kepala Desa agar normalisasi setiap aliran anak sungai atau pembuatan embung sehingga kemarau kita tidak kesulitan air apa terjadi karhutla,”pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here