Beranda Pulang Pisau Realisasi Pendapatan Asli Daerah Pulang Pisau Lampaui Target

Realisasi Pendapatan Asli Daerah Pulang Pisau Lampaui Target

30
0

Barselnews, Pulang Pisau –Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pulang Pisau per Agustus terealisasi Rp 60,3 miliar atau 141persen melampaui dari target Rp 48,9 miliar.

Kabid Pendapatan Daerah pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPPKAD) Pulpis, Kesuma mengatakan, pencapaian PAD tahun 2019 melebihi dari target Rp 48,9 miliar, realisasi secara global per Agustus sudah mencapai Rp 60,3 miliar.

“Realisasi atau pencapaianPendapatan Asli Daerah (PAD) per Agustus melebihi taget yakni mencapai 141 persen atau Rp 60,3 miliar,” beber Kesuma kepada Barselnews.

Ia menjelaskan, realisasi capaian ini meningkat dari tahun 2018 lalu. Untuk mendongkrak PAD sehingga melebihi target tersebut yakni dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Dimana, lanjut dia, perolehan dari perusahaan- perusahaan besar yang telah membayar Hak Guna Usaha (HGU) yang berkewajiban untuk membayar kepada daerah.

Selain itu, juga melalui retribusi baik pajak hotel/ penginapan, restoran/ rumah makan, Pajak Bumi Bangunan (PBB), Sarang Burung Walet, BPHTB, Hiburan, retribusi jasa umum, serta retribusi jasa usaha dan perizinan tertentu.

” Intinya sampai 31 September 2019 akan terus kita lakukan pungutan. Kita melakukannya dengan jemput bola turun kelapangan termasuk pajak-pajak yang masih belum terbayarkan, seperti pajak Sarang Burung Walet,” ucap dia.

Ia pun mengimbau kepada para wajib pajak, terutama bagi para pengusaha Sarang Burung Walet agar dapat berpartisipasi, apa lagi itu salah satu kewajiban, serta salah satu untuk pembangunan di daerah.

“Karena dari pajak untuk pembangunan kita, jika masyarakat taat bayar pajak, maka dana yang masuk itu menjadi PAD, dan selanjutnya pembangunan di daerah kita juga akan lebih meningkat lagi,” kata dia. (SENDRI/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here