Beranda Barito Selatan Wagub Kalteng : Sebelum Diperbaiki Fender Jembatan Kalahien Tongkang Batubara Dilarang Melintas

Wagub Kalteng : Sebelum Diperbaiki Fender Jembatan Kalahien Tongkang Batubara Dilarang Melintas

17
0

Barselnews, Buntok – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya menegaskan tongkang batubara dilarang melintasi jembatan Kalahien sebelum fendernya diperbaiki. Demikian disampaikannya saat meninjau kondisi fender dijembatan Kalahien.

Ia mengatakan, hal tersebut juga berdasarkan intruksi Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran bahwa tongkang dilarang lewat sampai fender jembatan diperbaiki.

“Larangan melintas tersebut demi keamanan jembatan kalahien ini. Sebab jika memaksakan melintas dan tertabrak lagi maka jembatannya akan rusak. Akibatnya masyarakat yang rugi karena tidak bisa melintas jembatan tersebut,” tandas dia kepada Barselnews, Rabu, 16 Oktober 2019.

Menurutnya, kondisi jembatan sangat bahaya dan rentan tanpa adanya fender. Karena jika tertabrak lagi langsung ke jembatan.

Semuanya, lanjut dia, tidak menginginkan hal ini terulang lagi. Karena jembatan kalahien ini satu-satunya jalan darat menuju ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

Ditempat yang sama Kepala Dishub Barsel, Daud Danda mengatakan, sebelumnya juga pihaknya sudah melarang tongkang melintas jembatan kalahien seblum fender diperbaiki.

Ditembah lagi, lanjut dia, intruksi Gubernur Kalteng dan arahan langsung dari Wagub saat bahwa mulai saat ini semua kapal tongkang tidak ada lagi yang boleh melintas di bawah jembatan kalahien.

“Kita akan terus pantau bilamana ada kapal tongkang yang melintas akan segera kita laporkan ke Provinsi untuk ditindak,” tegas dia.

Ia menjelaskan, pihaknya hanya memantau kewenangannya ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Ia menambahkan, untuk jasa assist atau kapal pandu pihak telah mengajukan Perbup ke Provinsi untuk ditetapkan agar nantinya bisa dikelola oleh Barsel sendiri. (U/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here