Beranda Gunung Mas Sempat Heboh Dikira Lobang Gas, Ternyata Hanya Kabel Arde PLN

Sempat Heboh Dikira Lobang Gas, Ternyata Hanya Kabel Arde PLN

18
0

BarselNews, Muara Teweh –Kemunculan lubang yang di diduga mengeluarkan gas dari dalam tanah dibawah rumah panggung milik saudara Mirdad, sempat hebohkan warga Kelurahan Tumpung Laung II RT 5, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara, pada Selasa, 15 Oktober 2019 lalu.

Namun, setelah dilakukan penelitian ternyata hanya kesalahan tehnis akibat pemasangan kabel arde PLN terbalik arus.

Sehubungan dengan kejadian tersebut, Camat Montallat Johansyah SE mengungkapkan, bahwa kejadian yang di duga sebuah penomena alam yakni berupa semburan gas air Panas di bawah rumah panggung salah satu warga di Kelurahan Tumpung Laung II hanyalah sebuah kesalahan teknis.

“Setelah di teliti apa penyebabnya ternyata hanya korsleting arde kabel bawah tanah dan telah di perbaiki oleh ULD PLN Tumpung Laung,” kata Johansyah.

Saat ini, lanjut dia, warga di wilayah setempat sudah beraktivitas seperti biasanya.

Sebelumnya, lobang yang diduga gas yang sempat membuat geger warga tersebut, pertama kali ditemukan oleh Kurniansyah warga setempat yang curiga muncul bau tidak biasa seperti bau ban bekas atau pun batu bara terbakar.

Kemudian, oleh yang bersangkutan mencari bau tersebut dan menemukan lokasi asal bau hingga melakukan penggalian kecil pada lokasi tersebut sehingga mengakibatkan terdapat genangan air yang mendidih.

“Untuk kondisi air yang berada di genangan tersebut terasa panas, mendidih dan mengeluarkan uap dengan bau kurang sedap meski tidak terlalu menyengat,” ungkap Kapolsek Montallat AKP Fry mayedi.
Atas temuan tersebut, Polsek Montallat telah melakukan tindakan awal seperti mengevakuasi pemilik rumah tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk sementara waktu.

Sedangkan tindakan yang dilakukan adalah memasang police line di sekitar lokasi dengan paramater 10 meter.

“Selanjutnya mematikan aliran listrik di rumah Mirdad (karena negatip kabel listrik berada di bawah tanah rumah tersebut). Selain itu membuat himbauan kepada masyarakat sekitar untuk tidak menyalakan api disekitar lokasi serta menjaga lokasi tersebut oleh pers Polsek Montallat,” jelasnya.

Pihaknya pun menghubungi instansi yang berkewenangan untuk mengecek kandungan gas tersebut.

Sedangkan kondisi cuaca selama dua hari terakhir sekitar lokasi terdapat hujan intensitas sedang dengan durasi antara 30 sampai 60 menit pada malam hari dan suhu panas saat di temukan adalah 27C.

Ia menambahkan, saat ini Polsek Montallat telah melepas Police Line dan memastikan bahwa jaringan listrik di pasang dengan benar dengan mencoba jaringan listrik di rumah sekitar lokasi dan memastikan tidak ada lagi gas atau gelembung air mendidih di sekitar lokasi.

“Kini masyarakat telah dapat beraktivitas seperti biasanya,” terangnya.(DN/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here