Beranda Pulang Pisau Polsek Kahteng Bersama BKO Polres Pulpis Laksanakan Pengamanan Ritual Adat Tiwah Massal

Polsek Kahteng Bersama BKO Polres Pulpis Laksanakan Pengamanan Ritual Adat Tiwah Massal

131
0

Barselnews, Pulang Pisau – Polsek Kahayan Tengah (Kahteng) bersama BKO dari Polres Pulang Pisau melaksanakan pengamanan dan monitoring upacara pembukaan ritual adat tiwah missal agama Hindu Kaharingan di Desa Segi, Kecamatan Kahayan tengah, Pulang Pisau. Jumat, 8 November 2019.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono Bima Putra Mada mengatakan, pengamanan ini dilakukan karena merupakan Ritual Adat di Kalimantan Tengah Suku Dayak yang sangat sacral.

Sehingga jangan sampai pada saat Pembukaan Upacara Adat Tiwah Massal berlangsung terjadi keributan atau gangguan yang akan merusak dari pada kesakralan Ritual Adat tersebut.

Karena Tiwah adalah suatu prosesi menghantarkan Roh leluhur, Anak, Saudara yang meninggal dunia ke alam baka dengan cara meyucikan dan memindahkan sisa Jasad dari Liang kubur menuju sebuah tempat yang bernama Sandung.

“Pengamanan kegiatan masyarakat dalam bentuk apapun adalah tugas Anggota Polri, karena kewajiban Polisi adalah memelihara agar situasi Kamtibmas tetap kondusif terutama dalam wilayah hukum Polres Pulang Pisau,” kata Kapolres.

Menurutnya, Tiwah adalah suatu upacara adat suku dayak yang diturunkan oleh para leluhur, sehingga perlu dijaga kelestariannya, jangan sampai punah karena zaman.

Dalam pelaksanaannya pun memakan waktu hingga berhari-hari, sehingga Anggota Polri pun mempunyai kewajiban menjaga keberlangsungan upacara tersebut agar bisa berjalan lancar dan aman.

Pada kegiatan tersebut dihadiri juga Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Keuangan Yuas Elko, Kapolda Kalteng yang diwakili oleh Dir Binmas Polda Kalteng Kombes Pol. Ebet Gunandar, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalteng Guntur Talajan.

Serta Ketua Majelis Besar Hindu Kaharingan Water Penyang, Ketua Lembaga Tandak Intan Kaharingan Parada, Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Kapolres Pulang Pisau AKBP. Siswo Yuwono BPM, Wakil Ketua II DPRD Pulpis Nova Silvia, Ketua DAD Kabupaten Pulpis Edwin Mandala.

Dan Ketua Majelis Hindu Kaharingan Kabupaten Pulpis Eberson, Manager Garuda Indonesia, Camat Kahayan Tengah Leting, Kapolsek Kahayan Tengah Ipda Rozikin, Danramil Kahayan Tengah Kapt. ZCI Salamun, dan keluarga pelaksana Tiwah dan masyarakat yang mengikuti kegiatan Ritual tersebut. (SENDRI/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here