Beranda Barito Utara Penebaran Bibit Ikan Sebagai Upaya Penambahan Stok Tangkapan Di Perairan

Penebaran Bibit Ikan Sebagai Upaya Penambahan Stok Tangkapan Di Perairan

140
0

BarselNews, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan potensi perairan umum di Kabupaten Barito Utara sangat luas berupa sungai, danau rawa dan irigasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis usaha perikanan.

Dikatakan Nadalsyah, Kamis 21 November 2019, bahwa restocking atau penebaran benih ikan adalah salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum.

Tujuan dari kegiatan penebaran ikan ini adalah meningkatkan stok populasi ikan, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi ikan guna pemenuhan gizi bagi masyarakat.

Selain itu, katanya, sebagai upaya untuk meningkatkan kesehajteraan masyarakat atau para nelayan melalui peningkatan pendapatan yang merata dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan di daerah ini.

“Dalam melakukan restocking, hendaknya menghindari rusaknya ekosistem yang ada dan menghindari punahnya ikan-ikan lokal asli yang ada di perairan umum di wilayah Kabupaten Barito Utara,” katanya.

Kegiatan ini, juga kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini, dilakukan untuk pemanfaatan perairan umum seperti danau dan rawa yang ada di daerah ini secara maksimal, dengan tetap menjaga agar sumber daya perikanan terus stabil dan berkelanjutan untuk anak cucukita dimasa mendatang.

“Untuk itu saya mengharapkan kegiatan pengelolaan perikanan melalui penebaran ikan di perairan umum di daerah ini agar dijadikan salah satu agenda rutin di Pemerintah Kabupaten Barito Utara,” kata bupati Nadalsyah.(DN/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here