Beranda Kapuas Putus Mata Rantai Kemiskinan, Ketika Anak KPM Mendapat Kehidupan Layak

Putus Mata Rantai Kemiskinan, Ketika Anak KPM Mendapat Kehidupan Layak

153
0

Barselnews, Kapuas – Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai pemutus mata rantai kemiskinan bagi anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

PKH Kabupaten Kapuas terbanyak kedua setelah Kotawaringin Timur yang sudah disalurkan oleh Dinas Sosial selama tahun 2019.

Kadis Sosial Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, program ini harus menjadi pemutus rantai kemiskinan bagi KPM karena kebutuhan dasar anak terpenuhi baik kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial.

“Kami telah menyalurkan bantuan kepada 7.702 jiwa KPM terakhir di bulan November 2019, dengan anggaran yang sudah digelontorkan pemerintah pusat sebesar Rp 4 miliar lebih,” kata Budi Kurniawan, Rabu, 11 Desember 2019.

Menurutnya, dengan program PKH sangat membantu penuntasan kemiskinan khususnya KPM.

Ini merupakan tugas pemerintah untuk menutuskan mata rantai kemiskinan, diantaranya, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

“Untuk memutuskan mata rantai kemiskinan dengan menjalankan tiga komponen utama sebagai jaminan agar masa depan lebih terjamin dengan pendidikan yang layak, mendapat kesehatan yang baik kesejahteraan yang terjamin. Mereka ini lah yang membawa keluarganya keluar dari lingkaran tersebut ketika sudah herhasil,” ucap dia.

Ia pun mengharapkan, persoalan validasi dan akurasi data dilapangan menjadi perhatian pihaknya.

Karena penyaluran bantuan kepada PKM harus tepat sasaran, oleh sebab itu data sangat penting.

“Kita melakukan pemuktahiran data PKM setiap 3 bulan sekali agar tidak ada ketinggalan. Data tersebut terupdate langsung di Kementerian Sosial,” pungkasnya. (DJEMMY NAPOKEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here