Beranda Kapuas Polsek Kapuas Barat Pasang Spanduk Imbauan Untuk Antisipasi Kerawanan Lakalantas Jelang Natal...

Polsek Kapuas Barat Pasang Spanduk Imbauan Untuk Antisipasi Kerawanan Lakalantas Jelang Natal dan Tahun Baru

5
0

Barselnews, Kapuas – Polsek Kapuas Barat memasang spanduk imbauan Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) untuk mengantisipasi kerawanan lakalantas menjelang Natal dan liburan Tahun Baru.

Kapolsek Kapuas Barat Ipda Eko Sutrisno, mengatakan, menjelang perayaan Natal dan liburan Tahun Baru pihaknya mengibau Kamtibmas kepada masyarakat melalui pemasangan spanduk di pelabuhan fery penyeberangan Desa Saka Mangkahai -Desa Sei Pitung Kecamatan Kapuas Barat.

“Kami dari Polsek Kapuas Barat dalam mengantisipasi kerawanan arus lalu lintas yang menggunakan sarana ferry penyeberangan Desa Saka Mangkahai dan Desa Sei Pitung Kecamatan Kapuas Barat dalam menghadapi Perayaan Natal 2019 dan Libur tahun baru 2020 di wilayah hukum polsek Kapuas Barat,” kata Eko Sutrisno.

Ia menjelaskan, baik pengguna maupun pemilik penyedia jasa ferry penyeberangan harus ikut peduli dan sadar perlunya pencegahan dan antisipasi terjadinya musibah kecelakaan.

Karena, lanjut dia, pencegahan lebih baik dari pada penanggulangan, sebab keselamatan jiwa merupakan tanggung jawab bersama.

Ia mengaskan, penekanan khusus dalam imbauan tersebut yakni larangan bagi penumpang ferry yang menggunakan mobil berada didalam mobil saat didalam ferry. Hal ini mencegah terjadinya korban jiwa apabila terjadi musibah kecelakaan.

Karena, lanjut dia, selama ini banyak ditemukan penumpang yang tidak mau turun dari mobilnya, bahkan jika diingatkan oleh awak ferry tidak jarang tidak terima dan melakukan perlawanan. Padahal hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya korban jiwa jika terjadi musibah.

“Kedepan upaya pencegahan ini akan terus disosialisasikan dan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan oleh petugas, dengan harapan dalam menghadapi liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020,” ucap dia.

Hal ini, lanjut dia, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan masyarakat merasakan sukacita dan gembira dalam merayakan hari natal khususnya di wilayah hukum polsek kapuas barat dan Polres kapuas pada umumnya.

“Kita juga melakukan pemeriksaan tehadap kelengkapan dan fungsi alat-alat keselamatan seperti life, jaket pelampung, lampu penerangan, APAR, mesin pompa air, genset dan sarana keselamatan lainnya,” beber dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here