Beranda DPRD Peningkatan PAD Perlu Penguatan dan Regulasi Jelas

Peningkatan PAD Perlu Penguatan dan Regulasi Jelas

6
0

Barselnews, Kapuas – Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) perlu penguatan lembaga dan regulasi yang jelas. Demikian disampaikan ketua Komisi II DPRD Kapuas, Sarkawi Sibuh saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) dan pengusaha ferry tradisional.

Sarkawi Sibuh mengatakan, RDP dilaksanakan untuk memberikan kepastian hokum daerah yang jelas bagi masyarakat objek pajak dan pemerintah sebagai pengelola pajak.

Untuk itu, lanjut dia, perlu regulasi dan penguatan lembaga dalam peningkatan PADagar memberikan aturan yang jelas bagi masyarakat sebagai objek pajak dan pemerintah sebagai pengelola pajak.

“Dalam waktu dekat kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mengevaluasi kembali Peraturan Daerah yang ada, termasuk pajak sarang burung walet, ” kata Sarkawi Sibuh.

Legislator partai berlambang banteng moncong putih ini juga menyampaikan perlu diatur kembali Perda yang ada, sehingga ada pembagian kewenangan pemungutan, pengelolaan dan penataan.

Sehingga ada kejelasan serta melibatkan pihak pemerintahan kecamatan, lurah dan desa agar sarang walet yang ada di wilayah kerja harus diketahui dan berapa potensinya.

“Agar setiap bulan ada agenda rapat rekonsulidasi perpajakan. Sehingga proyeksi pendapatan perbulan bisa dicermati sampai diamana pencapaiannya, tidak sekedar berbicara estimasi tanpa dasar,” ucap dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here