Beranda Barito Selatan Politis PKS Ini Minta Program BABS Harus Berkelanjutan

Politis PKS Ini Minta Program BABS Harus Berkelanjutan

17
0
anngota DPRD Barsel, Rahmato Rahman

ZONAKALTENG, Buntok – Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Barito Selatan, Rahmato Rahman meminta kepada dinas terkait agar program Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) harus berkelanjutan.

Ia mengatakan, bahwa di tahun-tahun sebelumnya, Dinas Kesehatan pernah melaksanakan program BABS dan hal tersebut secara khusus ditujukan kepada masyarakat di wilayah pedesaan.

“Dengan adanya  program itu, tentunya dewan memberikan apresiasi, dan hendaknya bisa berkelanjutan,” kata Rahmato Rahman.

Menurutnya, program BABS dinilai sangat bermanfaat dan positif untuk diterapkan di daerah pedesaan, ini akan menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi  pemerintah daerah di tahun 2020 dan tahun selanjutnya.

Meski untuk merubah prilaku dan kebiasaan BABS, lanjut dia, tentunya tidaklah mudah, namun jika program itu terus disosilisasi dan dilaksanakan, maka kebiasaan masyarakat BABS hilang dengan sendirinya.

Ia berharap, program ini terus berkelanjutan disisi lain kegiatan itu lebih menekankan pada pemberdayaan masyarakat, untuk melakukan analisa masalah wilayahnya sendiri, kemudian menjalankan tahapan perencanaan.

Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan monitoring, evaluasi, hingga pemanfaatan dan perawatan secara gotong royong.

“Pantauan kita selama ini, bahwa masyarakat kita masih banyak yang BABS baik disungai maupun di daratan atau tidak memiliki WC yang memenuhi syarat hidup sehat,” ucap dia. (B/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here