Beranda Barito Selatan Pemkab Barito Selatan gratiskan satu stand bagi UMKM di pasar expo MTQ...

Pemkab Barito Selatan gratiskan satu stand bagi UMKM di pasar expo MTQ tingkat provinsi

320
0

ZONA KALTENG, Buntok-Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, akan menggratiskan satu stand pasar expo Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 30 tingkat provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Buntok pada 21-26 Maret 2020 mendatang.

“Saya sudah berjanji untuk menggratiskan satu tenda bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada pasar expo Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi nantinya,” kata Sekretaris Daerah Barito Selatan, Edy Purwanto pada saat memimpin rapat persiapan MTQ tingkat provinsi, di Buntok, Rabu.

Menurut dia, hal itu dilakukan agar pelaku UMKM dibawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Barito Selatan bisa mempromosikan berbagai produk makanan olahan, dan kerajinan mereka.

Karena lanjut dia, momen MTQ tingkat provinsi itu, merupakan salah satu sarana yang tepat bagi mereka memperkenalkan produk khas daerah, sebab pada kegiatan itu dihadiri ribuan peserta dan pendamping dari 13 Kabupaten di Kalimantan Tengah ini.

Pada ajang tersebut kata dia, mereka nantinya akan bisa menjual berbagai produk makanan olahan, kerajinan, dan produk unggulan lainnya khas Kabupaten ini, supaya pendapatan para pedagang khususnya UMKM bisa lebih meningkat lagi.

Selain itu Edy Purwanto juga menyampaikan, untuk persiapan MTQ ke 30 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dipusatkan di Stadion Batuah Buntok pada 21 hingga 26 Maret 2020 mendatang, hingga saat ini sudah mencapai 60 persen.

Bahkan dari sisi pendanaannya kata dia, sudah tersedia pada kas daerah, tinggal disalurkan kepada panitia masing-masing bidang.

Sedangkan desain panggung, dan lainnya sedang dalam tahap pengerjaan yang dilaksanakan Event Organizer (EO) dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang bekerjasama dengan EO dari Buntok.

Oleh karena itu, Sekda Barito Selatan menargetkan, semua persiapan sudah rampung dikerjakan 100 persen seminggu sebelum acara pembukaan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tersebut berlangsung.

Edy Purwanto juga menegaskan pada saat pelaksanaan MTQ nanti, pihaknya tidak memberikan izin wahana hiburan seperti tong edan di Stadion Batuah Buntok, dan yang ada hanya pasar expo saja.

Sebab kalau ada wahana hiburan seperti tong edan pada lokasi itu akan ada musik dan suara lainnya dan itu tentunya bisa membuat kebisingan yang dapat mengganggu bagi peserta yang sedang mengikuti lomba.

“Kita berharap kegiatan MTQ ke 30 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah nantinya bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” demikian Edy Purwanto.(BI/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here