Beranda Nasional Industri Hulu Migas Sapa Wartawan Kalsul Sampaikan Update Hulu Migas dan Beri...

Industri Hulu Migas Sapa Wartawan Kalsul Sampaikan Update Hulu Migas dan Beri Bantuan Bagi Jurnalistik

144
0

ZONAKALTENG, Muara Teweh  – Satuan Kerja Khusus Minyak Gas (SKK Migas) Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) di Wilayah Kalimantan & Sulawesi (Kalsul), menginisiasi kegiatan “Sapa Wartawan”.

Yang dimaksudkan untuk menyapa dan silaturahmi kepada wartawan lokal guna saling dukung dan menguatkan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Kepala SKK Migas Kepala SKK Migas Kalsul Syaifudin menyampaikan, penurunan harga minyak di Indonesia sebagai imbas dari penurunan harga minyak dunia.

KKKS pun harus melakukan efisiensi ketat dengan menekan biaya produksi agar tetap dapat beroperasi untuk menjaga ketahanan energi nasional dan mencapai target penerimaan Negara yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dalam APBN 2020.

“Selain itu, tantangan penurunan harga minyak mentah dunia, harus diakui pula bahwa disebabkan kondisi siaga darurat sebagai dampak penyebaran virus Covid-19 ini sehingga mempengaruhi strategi kegiatan operasional di lapangan,” ujar Syaifudin pada saat video conference (vidcon) dalam kegiatan Safa wartawan diwilayah Kalsul, Jumat (15/5).

Meskipun ikut terkena dampak pandemi Covid-19 dan rendahnya harga minyak dunia, namun industri hulu migas diminta tetap mempertahankan kegiatan operasi serta menghindari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam rangka menjaga kelangsungan industri ini di tahun-tahun berikutnya.

“Alhamdulillah hingga saat ini KKKS di wilayah Kalsul tidak ada melakukan PHK,” ujarnya.

Dalam kegiatan Sapa Wartawan melalui vidcon tersebut, Syaifudin menyampaikan, capaian lifting Nasional di status 30 April 2020 yaitu minyak bumi sebesar 710.000 BOPD atau 94,04% dari target APBN (755.000 BOPD) dan lifting gas bumi sebesar 5.777 MMSCFD atau 86,61% dari target APBN (6.670 MMSCFD).

Selanjutnya untuk capaian lifting wilayah Kalimantan & Sulawesi yaitu minyak bumi sebesar 83.381 BOPD atau 98,52% dari target APBN (84.634 BOPD) dan lifting gas bumi sebesar 1.829 MMSCFD atau 91,40% dari target APBN sebesar 2.001 MMSCFD (merupakan data operasional, belum direkonsiliasi bersama Ditjen Migas).

“Selain menerapkan secara ketat Protokol Kesehatan dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 ini disetiap perusahaan migas, kemudian setiap KKKS juga secara berkelanjutan telah bergotong royong berpartisipasi memberikan dukungan bantuan penanggulangan Covid-19 yang merupakan bentuk kepedulian kepada stakeholder khususnya di sekitar wilayah operasi,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dukungan bantuan penanggulangan Covid-19 yang telah disalurkan mulai tanggal 23 Maret 2020 hingga saat ini, tercatat sebagai berikut: Disinfektan sebanyak lebih kurang 87.305 liter beserta alat penyemprotannya.

Selain itu, Alat Kesehatan (Alkes) sebanyak kurang lebih 141.627 ea yang terdiri dari masker, pelindung mata, pelindung wajah, hazmat, sarung tangan, penutup kepala, sepatu pelindung, termometer serta Alkes lainnya.

Kemudian Wastafel portable sebanyak 223 unit, Hand Sanitizer sebanyak lebih kurang 698.650 ml, Bilik sterilisasi sebanyak 10 unit, Vitamin/ suplemen sebanyak lebih kurang 3.435 paket Sembako/ makanan sebanyak 10.566 paket.

Pada vidcon tersebut, Syaefudin menyampaikan, bahwa SKK Migas – KKKS menyadari bahwa betapa besar resiko paparan Covid-19 yang dihadapi wartawan atau awak media dalam melaksanakan tugasnya terutama berhadapan dengan narasumber, sehingga patut mendapat perhatian dan dukungan dari pelaku Kegiatan Hulu Migas.

“Dapat kami sampaikan bahwa dukungan terhadap wartawan tahap ke-1 telah direalisasikan pada pertengahan April 2020, berupa medical kit dan sembako sebanyak 236 paket yang didistribusi untuk wartawan lokal di lima Provinsi yakni Kaltim, Kaltara, Kalteng, Kalsel & Sulteng, dan 10 Kabupaten/Kota meliputi Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Tarakan, Nunukan, Barito Utara, Tabalong, dan Banggai,” ungkapnya.

Sedangkan rencana dukungan wartawan tahap ke-2, berupa sembako sebanyak 410 paket akan didistribusikan untuk wartawan lokal di 6 Provinsi diantaranya Kaltim, Kaltara, Kalteng, Kalsel, Sulsel dan Sulbar serta 13 Kabupaten/Kota yaitu Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Tarakan, Nunukan, Bulungan, Barito Utara, Tabalong, Kotabaru, Wajo, dan Majene.

“Rencana dukungan wartawan tahap ke-2 ini akan direalisasikan dalam waktu dekat sebelum Lebaran. Melalui sapa wartawan ini ingin kami sampaikan bahwa kami memahami kerja jurnalistik. Betapa pentingnya informasi yang diberikan oleh teman-teman Jurnalistik. Namun disatu sisi, wartawan harus tetap memperhatikan kondisi kesehatan agar semua berjalan dengan baik,” ucap dia.

“Mewakili SKK Migas dan KKKS di wilayah Kalsul, kami ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan rekan-rekan wartawan selama ini dan semoga kerja sama dan hubungan baik ini dapat terus terpelihara dan semoga pula wabah Covid-19 yang melanda Ibu Pertiwi dapat segera berakhir agar kita semua dapat beraktivitas normal kembali seperti sedia kala,” tutup Syaifudin.(DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here