Beranda Pulang Pisau Gugus Tugas COVID-19 Beri Imbauan Pedagang dan Pembeli di Pasar Desa Buntoi

Gugus Tugas COVID-19 Beri Imbauan Pedagang dan Pembeli di Pasar Desa Buntoi

118
0

ZONAKALTENG, Pulang Pisau – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pulang Pisau bersama Camat Kahayan Hilir serta unsur Tripika memberikan imbauan dan sosialisasi pencegahan Covid-19 di pasar Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Rabu 10 Juni 2020.

Sosialisasi dipimpin langsung oleh Ketua Tim Bidang Pencegahan Covid-19, Kepala DPMDes Kabupaten Pulpis Hj. Deni Widanarni.

Dihadapan pedagang dan pembeli, Deni mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan masyarakat agar selalu berhati-hati, karena virus corona ini berbahaya bagi kesehatan. Dirinya minta agar anjuran pemerintah dan protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

“Seperti di pasar-pasar yang telah kita kunjungi dan melakukan sosialisasi, dan hari ini di pasar Buntoi, kita juga memberikan edukasi tentang ptotokol kesehatan dalam transaksi jual beli,” kata dia. disela sosialisasi dan membagikan masker.

Ia menjelaskan, dari 5 pasar yang telah dilakukan sosialisasi, dia mengakui cukup banyak masyarakat yang belum menggunakan masker dan masih belum melakukan sosial distancing.

” Saya mengharapkan, dari sosialisasi Tim Gugus Tugas lakukan ini, akan memberikan pemahaman dan juga memberi kesadaran untuk masyarakat dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” beber dia.

Senada dengan Hj. Deni, Camat Kahayan Hilir Sugondo, mengatakan untuk mengurangi kerumunan warga di pasar mingguan Buntoi, pihaknya telah meminta pemerintah desa setempat dan pengelola pasar untuk membagi waktu buka pasar menjadi dua kali.

Pasar yang biasanya buka setiap hari Rabu pagi, dibagi menjadi dua kali buka, yaitu pada hari selasa kemarin dari jam 1 siang hingga jam 5 sore, dan hari rabu dari jam 6 pagi hingga tengah hari.

Dan hasilnya cukup efektif, seperti terlihat saat tim gugus sosialisasi pencegahan covid-19 ke pasar Buntoi rabu pagi tadi, kerumunan warga dipasar berkurang.

Pengambilan strategi tersebut dilakukan mengingat, sebagian warga Buntoi dan sekitarnya pada pagi hari pergi menyadap karet di kebun.

Jadi bagi para warga yang menyadap karet dapat belanja ke pasar pada selasa siang hari kemarin, sedangkan warga yang di rumah bisa belanja ke pasar pada rabu pagi nya, disaat sebagian besar warga lainnya pergi ke kebun karet pada pagi hari. (SENDRI/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here