Beranda Pulang Pisau Rakor Pencegahan dan Kesiap Siagaan Karhutla di Gelar di Kecamatan Jabiren Raya

Rakor Pencegahan dan Kesiap Siagaan Karhutla di Gelar di Kecamatan Jabiren Raya

226
0

ZONAKALTENG, Pulang Pisau – Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan dan kesiap siagaan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali dilaksanakan di Kecamatan Jabiren Raya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Danramil Kahayan Hilir Kapten Yulius, Kapolsek Jabiren Raya Ipda. Sumijiarto, Camat Jabiren Raya Agustinuah, para Kepala Desa, MPA, Mangala Agni, Perusahaan Perkebunan dan NGO.

Danramil Kahayan Hilir KaptenYulius mengatakan, pencegahan dan penanganan Karhutla ini mengingat Kecamatan Jabiren Raya hampir setiap tahun terjadi kebakaran lahan.

” Kegiatan ini sebagai tindak lanjut yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Pulpis pada apel kesiapan penangulangan kebakaran hutan dan lahan di Polres Pulpis dan hari ini kita lanjutkan di Kecamatan Jabiren Raya,” kata Kapten Yulius.

Menurutnya, karena salah satu Kecamatan yang hampir setiap tahun terjadi Karhutla itu di Kecamatan Jabiren Raya.

” Kita mulai dari awal sudah melaksanakan Rakor dengan unsur Tripika dan Kepala Desa dan pihak ke tiga, agar Karhutla ini tidak terjadi seperti tahun yang lalu,” paparnya.

Senada dengan Danramil, Kapolsek Jabiren Raya Ipda Sumijiyarto menambahkan, dimana kegiatan yang dilaksanakan hari ini dalam bentuk koordinasi dan simulasi, serta penandatangan MOU dari pihak TNI, Polri, Pemerintah Kecamatan, Kades, Pihak Perkebunan Swasta, MPA, Mangala Agni dan NGO.

” Kegiatan ini, agar ada komitmen bersama untuk melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan di Wilayah ini, dan kita juga perlu daya tambahkan tugas. Dan untuk tahun ini, tugas kita cukup berat pak, disamping kita menghadapi pandemi Covid-19, Karhutla, dan juga kita menghadapi pilkada Gubernur Kalteng,” ucap Kapolsek.

Penangan Karhutla, sambung Sumijiyarto, terus di intensifkan dengan melakukan himbauan dan sosialisasi, baik dimedia masa untuk pencegahan dan juga bersama anggota Babinkhamtibmas melakun berbagai himbauan dan pemasangan spanduk di desa masing-masing, serta penyampaian maklumat Kapolri.

Ia berharap semua lini saling bahu membahu, baik personil dan prasarana yang ada baik dari Dana Desa (DD) yang diangarkan dalam upaya pencegahan Karhutla.

“Semoga melalui kegiatan ini, bisa bermanfaat dan koordinasi bisa berhalan dengan baik baik dengan unsur Tripika, Desa, pihak ke tiga dalam upaya pencegahan Karhutla di Kecamatan Jabiren Raya,” terangnya.  (SENDRI/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here