Beranda Barito Utara DKPP Barito Utara Telah Hasilkan 60 PAD

DKPP Barito Utara Telah Hasilkan 60 PAD

228
0

ZONAKALTENG, Muara Teweh – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP)  Kabupaten Barito Utara, sepanjang tahun 2020 ini telah berhasil mengumpulkan sebesar kurang lebih 60 persen pendapatan asli daerah (PAD).

Perolehan PAD ini di dapat oleh pihak DKPP dari hasil penjualan bibit ikan yang dikelola di tiga lokasi yakni Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Lahei, Trinsing dan di Kantor DKPP Barito Utara.

Dengan perolehan yang ada saat ini, maka di prediksi target PAD yang telah ditetapkan oleh Pemkab Barito Utara dapat terealisasi.

Plt Kepala DKPP Barito Utara, Ir Sugeng, Rabu 15 Juli 2020 mengatakan, bahwa animo masyarakat untuk berusaha di bidang budidaya perikanan di daerah ini cukup tinggi. Banyak masyarakat yang membeli benih ikan yang berada di BBI atau pun yang mengajukan permohonan bantuan bibit ikan ke DKPP Barito Utara.

Dari hasil penjualan benih ikan tersebut, kini perolehan PAD DKPP Barito Utara telah tembus sebesar 60 persen. Dimana  target PAD yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah yakni sebesar Rp 100 juta.

“Sampai dengan saat ini pendapatan telah terealisasi sebesar kurang lebih Rp 60 juta atau 60 persen,” jelasnya.

Disampaikan Sugeng, target PAD yang ditetapkan oleh Pemkab Barito Utara untuk DKPP ini nilainya sama seperti tahun 2019 lalu, dimana sebelumnya target tahun ini sempat dipatok sebesar Rp 175 juta, namun karena pandemi Covid 19 di daerah ini target tersebut dikembalikan sama seperti tahun 2019 sebesar Rp 100 juta.

Sugeng juga menambahkan, bahwa untuk tren saat ini, jenis ikan yang tampaknya diminati oleh masyarakat untuk dibudidayakan adalah jenis gurame. Ikan ini diminati karena sisi ekonomisnya yang tinggi, sebab untuk harga jualnya di dalam Kota Muara Teweh saja sudah tembus di angka Rp 60 ribu per Kg.

“Kita juga memproduksi benih ikan ini, dan kita berharap sektor perikanan di daerah ini terus semakin maju,” tukasnya.(DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here