Beranda Barito Utara 178 WBP Lapas Kelas II B Muara Teweh Dapat Remisi Hari Kemerdekaan 

178 WBP Lapas Kelas II B Muara Teweh Dapat Remisi Hari Kemerdekaan 

34
0
Salah satu perwakilan WBP lapas kelas II B Muara Teweh saat menerima remisi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 yang diserahkan oleh Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, usai pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah putih, Senin 17 Agustus 2020.

ZONAKALTENG, Muara Teweh – Sebanyak 178 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Muara Teweh mendapatkan potongan masa tahanan atau remisi di Hari Kemerdekaan RI ke-75, Senin 17 Agustus 2020.

Remisi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah usai pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di halaman kantor bupati.

Kepala Lapas Kelas II B Muara Teweh, Sarwito menyebutkan bahwa remisi yang diterima para WBP yakni dari satu hingga lima bulan.

Disampaikan Sarwito, remisi tersebut diberikan pada nadapidana yang memenuhi syarat, mulai dari yang berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana selama enam bulan.

Sementara itu, remisi pada narapidana dengan kejahatan narkotika, HAM, dan korupsi juga harus bekerja sama dengan penegak hukum dengan menjadi justice collaborator. Kesediaan menjadi justice collabolator harus dituangkan secara tertulis sesuai undang-undang yang berlaku.

” Remisi ini diberikan sesuai dengan Keputusan Presiden Tahun 1999 Nomor 174. Demikian juga regulasi-regulasi sesuai turunan berikutnya,” ujar dia.

Sarwito juga mengatakan bahwa Lapas Kelas II B Muara Teweh memiliki daya tampung hanya 175 orang. dan saat ini Lapas dihuni sebanyak 327 orang yang terdiri dari 284 narapidana dan 43 tahanan.(DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here