Beranda Kapuas Kapuas Penguna Narkotika Tertinggi ke Empat di Kalimantan Tengah

Kapuas Penguna Narkotika Tertinggi ke Empat di Kalimantan Tengah

303
0

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas- Berdasarkan data Badan Narkotika Provinsi (BNP) Kalimantan Tengah, Kapuas salah satu Kabupaten tertinggi ke empat kasus pengunaan Narkotika.

Kepala Badan Narkotika Provinsi Kalteng Brigjen Edy Swasono mengatakan, kasus pengunaan Narkotika di Kalimantan Tengah Kabupaten Kapuas masuk peringkat ke empat setelah Kota Palangka Raya, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat.

“Sesuai data di BNP Kabupaten Kapuas masuk sebagai penguna Narkotika terbanyak ke empat di Kalteng,” kata Edy Swasono saat di wawancarai Awak media di Kantor Bupati Kapuas, Selasa, 1 September 2020.

Ia membeberkan, saat ini data penguna Narkotika di Kabupaten Kapuas sekitar 2.452 orang dari tahun 2019 hingga 2020.

Dengan demikian, lanjut dia, perlu dilakukan strategi pendampingan rehabilitasi bukan hanya penindakan hukum yang terus dilakukan.

Pihaknya juga melaksanakan sosialisasi intruksi presiden nomor 2 tentang program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap Narkotika yang direncanakan hingga tahun 2024.

“Korban penyalahgunaan Narkotika harus disembuhkan, bukan dipidanakan, apabila keluarga yang sukarela melaporkan akan kami rawat sampai sembuh dan kerahasiaan korban dijamin,” terangnya.

Sebab lanjut dia, tidak pernah akan habis peredaran gelap Narkotika kalau diberikan hukuman seberat beratnya kepada pemakai.

Namun harus dihukum berat bandar narkobanya pencuciam uang serta penyitaan aset hingga dimiskinkan.

“Ini yang menjadi fokus kami untuk disosialisasikan kepada masyarakat.Bahwa BNP lebih fokus pada penanganan masalah korban Narkotika, ketimbang hukum,” pungkas dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here