Beranda Barito Timur Dimata Warga Desa Sibung dan Dusun Layung Habang TMMD Program Mempunyai Seribu...

Dimata Warga Desa Sibung dan Dusun Layung Habang TMMD Program Mempunyai Seribu Manfaat

136
0
anggota TNI bersama warga membuat siring jalan

ZONAKALTENG, Tamiang Layang – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-109, di pusatkan di Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur.

TMMD ini merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI dalam hal ini Kodim 1012 Buntok dengan Pemkab Barito Timur yang dilaksanakan secara terpadu untuk meningkatkan pembangunan didaerah pedesaan.

Berbagai kegiatan pun dilaksanakan mulai dari pekerjaan fisik dan non fisik dari pembukaan jalan baru hingga membuka wawasan masyarakat desa tetang arti berbangsa dan bernegara.

“Di mata kami kegiatan TMMD ini sangat membantu, karena dinilai kegiatan yang dilaksanakan merupakan program seribu manfaat bagi kami warga Desa Sibung dan Dusun Layung Habang,” kata Suriadi salah satu warga Desa Sibung, Rabu, 23 September 2020.

Ia menceritakan, bahwa Kegiatan TMMD 109 tahun 2020 ini membangun badan jalan dari Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah menuju ke Dusun Layung Habang.

Jalan yang akan dibangun itu panjangnya kurang lebih 3 kilometer dengan lebar jalan sepanjang 8 meter.

Ia mengatakan, sasaran pokok dari kegiatan TMMD 109 tersebut yakni berupa pemasangan tiga gorong-gorong pipa beton dengan diameter 100 centimeter, dengan panjang 8 meter.

Serta, lanjut dia, akan dilakukan galian biasa sepanjang 3 ribu meter dengan lebar 0,60 meter, yang dilanjutkan kegiatan  penimbunan sepanjang 1.066,97 meter dengan lebar 6 meter.

“Penimbunan pasir batu (Sirtu) yang dilakukan panjangnya mencapai  kurang lebih 900 meter dengan lebar 4 meter, termasuk pula melakukan penyiapan badan jalan sepanjang 3.000 meter dengan lebar 8 meter,” ucap dia.

Dan nantinya akan ada kegiatan tambahan berupa perbaikan jalan masyarakat sepanjang 200 meter dengan lebar 6 meter.

Mereka dalam hal ini Satgas TNI bekerja tampak penuh semangat karena didukung dan dibantu oleh warga desa setempat. Semangat gotong royong pun semakin terasa antara warga dan TNI.

Sekali lagi pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI Karena sebelumnya pihaknya tidak pernah membayangkan impian selama bertahun-tahun akan terwujud yakni jalan tembus dari Desa Sibung menuju Dusun Layung Habang.

Dengan hadirnya TMMD ditengah masyarakat kecil, sejatinya satu program dengan beribu manfaat. Ini membuktikan bahwa TNI akan selalu bersama rakyat sebagai teman, keluarga dan pelindungnya. (B/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here