Beranda Pulang Pisau TP-PKK Pulang Pisau Dukung Usaha Budidaya Kolam Penggemukan Kepiting di Desa Sei...

TP-PKK Pulang Pisau Dukung Usaha Budidaya Kolam Penggemukan Kepiting di Desa Sei Bakau

98
0

ZONAKALTENG, Pulang Pisau – TP-PKK Pulang Pisau dukung usaha budidaya kolam pengemukan kepiting di Desa Sei Bakau, Kahayan Kuala.

Usaha budidaya kepiting di wilayah pesisir sangat cukup menjanjikan, apalagi di tengah Pandemi Covid-19 tentunya usaha tersebut perlu mendapat dorongan terutama dari Pemerintah setempat.

Dimana usaha budidaya kepiting juga dapat menopang suplai sekaligus penyangga stok kepiting yang sebelumnya banyak mengandalkan benih dari alam.

Apa lagi komoditas kepiting ini cukup diminati pasar domestik maupun ekspor, tidak salah jika usaha ini juga perlu mendapat dukungan dan pembinaan, sehingga para pembudiya atau Usaha Mikro Kecil (UKM) dapat terus berkembang seiring waktu.

Seperti apa yang dilakukan salah satu masyarakat di Desa Sei Bakau, Kecamatan Kahayan Kuala membuahkan hasil dalam mengembangkan usaha kolam kepiting yang dirintisnya, dan bahkan hasil usaha penggemukan kepiting ini cukup berhasil dilakoni.

TP-PKK Pulang Pisau sangat mengapresiasi usaha yang membuahkan hasil bagi pembudaya penggemukan kepiting di kolam masyarakat Desa Sei Bakau, Kecamatan Sebangau Kuala.

Anggota TP PKK Pulpis, Pokja III Rusmiati, mengatakan, dengan adanya usaha penggemukan kepiting di kolam masyarakat diharapkan untuk selanjutnya masyarakat bisa kreatif dalam pengolahan kepitingnya.

“Jadi selain di jual mentah juga di olah kembali untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi, dan dalam penjualannya nanti dapat membantu atau mendukung UMKM masyarakat, karena harapannya kedepannya UMKM ini bisa jadi penyanggah perekonomian desa khususnya dan kabupaten umumnya,” kata Rusmiati.

Ia mengatakan, , pihaknya siap bersama Desa- Desa yang ingin memajukan UMKM di Desanya.

“Kami dari TP PKK Kabupaten terus mendukung UMKM, paling tidak kami bisa mempromosikan produknya, dan setidaknya kami sebagai wadah menampung produk-produk usaha mereka, dan selanjutnya di dukung juga oleh Dinas-Dinas ini,” paparnya.

Pihaknya mengakui, hasil budidaya penggemukan kepiting ini, pada saat di panen sangat terlihat kondisi kepitingnya sangat segar, banyak menghasilkan daging, dan jauh berbeda dengan kepiting alam.

Lanjut Rusmiati, pihaknya berharap pembudidaya kepiting makin berkembang, karena pemasaran kepiting masih sangat terbuka dan nilai ekonominya pun cukup tinggi.

” Keberhasilan pembudidayaan ini, tentunya disertai dengan upaya yang berkelanjutan. Dan kami terus mendukung, terutama dalam pembinaan dan memperkenalkan produk-produk olahan dari masyarakat kita, dalam menciptakan peluang usaha kedepannya,” tandasnya. (SENDRI/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here