Beranda Kapuas Jembatan Lengkung Mandomai Akan Dibangun Pada Tahun 2021

Jembatan Lengkung Mandomai Akan Dibangun Pada Tahun 2021

1111
0

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas – Jembatan Lengkung di Kelurahan Mandomai, Kecamatan Kapuas barat akan dibangun pada tahun 2021 mendatang. Hal ini telah masuk dalam perencanaan DPUPR-PKP Kapuas.

Plt Kepala DPUPR-PKP Kapuas, Teras mengatakan, jembatan gantung Mandomai akan dibangun baru sesuai dengan desain rangka baja, namun tak mengganti karakteristik bentuk aslinya.

“Nantinya jembatan gantung ini dibangun baru, tetapi tidak merubah desian awal hanya saja rangka kayu ulin diganti menggunakan rangka baja,” kata Teras, Minggu 29 November 2020.

Ia membeberkan, kondisi bangunan jembatan gantung di Mandomai saat ini, sangat memprihatinkan dan membahayakan keselamatan warga apabila melintas diatasnya.

Rencana ditahun 2021 pihaknya akan membangun jembatan tersebut persis mirip dengan jembatan di Desa Sare Pulau Kecamatan Bataguh.

Karena jembatan tersebut desain awal sama dengan di Mandomai hanya saja perlu dibangun baru.

Sebab salah satu icon Kapuas khsusnya di Kapuas Barat, kelurahan Mandomai. Oleh sebab itu untuk sementara waktu ditutup bagi angkutan barang dan orang.

“Akan kita robohkan jembatan tersebut sehingga tidak membahayakan bagi angkutan sungai yang melintas di bawah jembatan tersebut,” ucap dia.

Terpisah, tokoh masyarakat, Sanhaka Lewu M Singam menuturkan, jembatan gantung ini merupakan sejarah dibangun pada tahun 1974 oleh tenaga ahli dari Swiss bernama Heinz Frick dan juga sebagai tenaga pengajar di STM GKE Mandomai.

“Kami sebagai masyarakat berharap kepada Pemkab Kapuas untuk membangun baru tetapi tetap mempertahankan bentuk aslinya, boleh bangun baru tetapi jangan merubah desiannya,” harap dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here