Beranda Barito Utara Wakil Bupati Barito Utara Buka Konsultasi Publik Rancangan RKPD Tahun 2022

Wakil Bupati Barito Utara Buka Konsultasi Publik Rancangan RKPD Tahun 2022

196
0

ZONAKALTENG, Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra membuka kegiatan konsultasi publik rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Barito Utara tahun 2022 di aula Bappeda Litbang, Senin 8 Maret 2021.

“Akhirnya dengan mengharap ridho dari Allah SWT seraya mengucapkan Bismillahirohmannirohim, konsultasi publik rancangan RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka,” kata Sugianto Panala Putra membacakan Sambutan Bupati Barito Utara.

Disampaikan Sugianto, bahwa kegiatan dilaksanakan ini, termasuk salah satu wujud nyata kita dalam upaya mengakomodir dan memperjuangkan berbagai usulan/ aspirasi masyarakat.

”Disamping melaksanakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,” jelasnya.

Disampaikannya pula, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Rencana pembangunan tahunan daerah yang selanjutnya disebut Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun.

Penyusunan rancangan RKPD, kata dia,  berdasarkan hasil verifikasi rencana kerja (Renja) perangkat daerah. salah satu tahapan dalam menyusun renja perangkat daerah adalah melalui pelaksanaan forum perangkat daerah, yakni forum penyelarasan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan.

“Didalam forum perangkat daerah kita lakukan penyelarasan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka sinergisitas pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah,” terangnya.

Dia mengharapkan, seluruh peserta dapat mengikuti setiap rangkaian kegiatan dengan baik, serius, dan penuh tanggung jawab.

“Saya berharap proses konsultasi publik rancangan RKPD tahun 2022 bisa berjalan dengan baik dan lancer,” ucapnya.(DN/A1).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here