Beranda Murung Raya BPBD Murung Raya ingatkan warga waspada kebakaran lahan dan pemukiman

BPBD Murung Raya ingatkan warga waspada kebakaran lahan dan pemukiman

181
0

ZONAKALTENG, Puruk Cahu-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mengingatkan masyarakat di wilayah setempat agar mewaspadai kebakaran lahan dan pemukiman.

“Hal tersebut mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu dalam satu minggu terakhir ini,” kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya, Kariadi, di Puruk Cahu, Kamis.

Karena lanjut dia, dalam seminggu terakhir ini curah hujan turun dan oleh karena itu diminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran lahan dan pemukiman.

“Dalam minggu ini didaerah kita curah hujan berkurang dan cuaca panas mengakibatkan kekeringan. Tentu kondisi ini kita semua harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran,” ucapnya.

Dikatakannya, meskipun Kabupaten Murung Raya saat ini masih relatif aman dari bahaya itu, tetapi Kariadi meminta masyarakat Murung Raya tetap waspada dan segera melaporkan bila terjadi potensi kebakaran.

“Untuk itu bagi masyarakat lebih berhati-hati dan waspada, dan api kompor dapur dan alat elektronik yang menggunakan listrik agar dipastikan padam sebelum bepergian maupun tidur malam,” terangnya.

Kariadi menambahkan, memasuki musim kemarau saat ini, pihaknya telah melakukan persiapan untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang biasa terjadi jika musim kemarau.

Untuk mencegah kebakaran menurut dia, tidak hanya perlu kesigapan petugas, akan tetapi harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat itu sendiri.

Karena lanjut dia, dari kesadaran masyarakat itu sendiri, tentunya upaya mencegah terjadinya bencana kebakaran lahan dan di pemukiman bisa dicegah, sehingga musim kering yang saat ini sedang dilalui tanpa adanya kejadian kebakaran.

“Jangan membakar sembarangan baik sampah serta lainnya dan harus diawasi, sedangkan membuka lahan dengan cara dibakar kami minta jangan sampai dilakukan. Tetap patuhi protokol kesehatan atau prokes jika keluar rumah,” tandasnya.(SUPRI/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here