Beranda Kapuas Jampersal Gratis Bagi Warga Kurang Mampu Upaya Pemerintah Tekankan Angka Kematian Ibu...

Jampersal Gratis Bagi Warga Kurang Mampu Upaya Pemerintah Tekankan Angka Kematian Ibu dan Bayi

423
0

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas – Jaminan Persalinan (Jampersal) gratis diberikan kepada warga tidak mampu, sebagai upaya Pemkab Kapuas, melalui Dinas Kesehatan menekankan angka kematian ibu dan bayi

Kepala Dinkes Kapuas, Apendi SKM MM melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Martono, bahwa pepatah mengatakan surga di telapak kaki ibu, artinya derajat seorang ibu di masyarakat sangat penting.

Oleh sebab itu, lanjut dia, upaya untuk menekankan kematian ibu dan bayi perlu ditingkatkan.

“Oleh karena itu Jampersal ini salah satu upaya menekankan angka kematian ibu dan bayi. Serta bayi yang dilahirkan bisa tumbuh berkembang dengan baik,” kata Martono, Selasa, 21 September 2021.

Ia membeberkan, Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi dengan menyediakan anggaran dana Jampersal gratis bagi masyarakat tidak mampu.

“Jampersal diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu, terutama tidak memiliki BPJS dan asuransi,” jelas dia.

Ia menambahkan, anggaran Jampersal ini diperuntukan untuk rujukan persalinan dan bayi baru lahir yang beresiko tinggi dari pelosok desa ke Puskesmas maupun Rumah Sakit.

Dalam hal ini, Pemerintah menanggung biaya persalinan dan obat-obatan bagi ibu melahirkan dan bayi yang mendapat pengobatan.

“Bahkan kita menanggung semua biaya, meski persalinan operasi dan transportasi dari rumah ke Puskesmas sampai dirujuk RS untuk pertolongan persalinan,” pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here