Beranda Barito Utara Anggota DPRD Barito Utara Imbau Masyarakat Jangan Melakukan Ilegal Fishing

Anggota DPRD Barito Utara Imbau Masyarakat Jangan Melakukan Ilegal Fishing

168
0

ZONAKALTENG, Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Surianor mengimbau kepada warga masyarakat khususnya para nelayan dalam mencari ikan di sungai dan anak-anak sungai, agar jangan melakukan kegiatan ilegal fishing.

“Kita meminta kepada masyarakat agar dalam mencari ikan supaya menggunakan peralatan yang diperbolehkan sesuai dengan aturan pemerintah dan jangan menggunakan peralatan yang tidak diperbolehkan,” katanya, di Muara Teweh, Kamis.

Ia mencontohkan, peralatan yang tidak diperbolehkan dalam mencari ikan itu seperti racun, sentrum dan lainnya.

Dikatakannya, penggunaan peralatan yang masuk kategori ilegal fishing itu akan berdampak negatif yang mengakibatkan kepunahan terhadap populasi ikan yang ada di sungai.

“Kita harus memikirkan untuk jangka panjangnya. Jika masyarakat masih saja menangkap ikan dengan cara illegal, hal ini dapat mengakibatkan populasi ikan di sungai semakin berkurang, bahkan populasi ikan bisa mengalami kepunahan,” ucapnya.

Ia berharap kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga habitat ikan-ikan yang ada di sungai. Hal ini demi menjaga kelestarian habitat ikan yang ada, sehingga tidak terjadi kepunahan sampai ke anak cucu kita mendatang.

Sebab lanjut politisi dari Demokrat Barito Utara ini mengatakan, kalau mencari ikan dengan menggunakan sentrum, dan ikannya diracun, maka ikan besar maupun yang kecil akan mati semuanya.

“Kalau menggunakan cara ilegal fishing mendapatkan ikannya memang banyak saat itu, tapi selanjutnya sungai tersebut sudah tidak ada ikannya lagi,” terangnya.

“Untuk itu, supaya tidak terjadi kepunahan, jangan menggunakan cara ilegal fishing dalam mencari ikan. Hal itu untuk menjaga kelestariannya demi anak cucu kita mendatang,” pungkasnya.(DN/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here