Beranda Headline 11 Orang Pasien Keracunan Massal Masih Dirawat di RSUD Kapuas

11 Orang Pasien Keracunan Massal Masih Dirawat di RSUD Kapuas

25
0

Barselnews, Kapuas – Hari kelima paska ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan makanan massal di Desa Narahan, Kecamatan Pulau Petak, Kapuas, masih ada 11 pasien yang dirawat di dr Soemarno Sosro Admojo.

“Dari total 291korban keracunan massal yang sempat dirujuk ke RSUD Kapuas, saat ini hanya tinggal 11orang yang masih dirawat,” kata direktur RSUD dr Soemarno Sosro Admojo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo saat konferensi pers. Selasa, 28 Mei 2019.

Ia mengatakan, sebagian besar para pasien dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang kerumah masing-masing. Data terakhir pukul 09.00 WIB ada 11 pasien yang masih mendapatkan perawatan medis.

Dengan rincian, lanjut dia, terdiri dari pasien anak-anak 4 orang dan pasien dewasa sebanyak 7 orang. Jadi total yang masih dirawat ada 11 pasien.

“Dari 7orang pasien dewasa satu diantaranya masih dalam perawatan intensif diruang ICU. Namun kondisinya sudah membaik,” beber dia.

Ia membeberkan, sebelumnya pihaknya sempat merilis jumlah pasien yang dirawat sebanyak 308 orang.

Namun, lanjut dia, setelah dilakukan pendataan ulang ternyata 17 orang terdata ganda. Jadi jumlah total pasien yang sempat dirawat sebanyak 291orang.

Ia menjelaskan, 17 orang pasien ini sudah dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang. Namun mereka ini kembali lagi karena merasa trauma, cemasan dan takut akibat kejadian tersebut.

“Mereka ini sebelumnya sudah dirawat dan diperbolehkan pulang untuk rawat jalan. Namun masih cemas dan trauma mereka kembali lagi ke RSUD, mereka tetap kita berikan pelayanan,” jelas dia.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik itu dari intansi terkait TNI-Polri, BPBD, Dinas Sosial BPK dalam penanganan warga keracunan massal. (DJEMMY NAPOLEON/A2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here