Beranda Barito Utara Barito Utara Siap menjadi Wilayah Penyangga Ibu Kota Negara

Barito Utara Siap menjadi Wilayah Penyangga Ibu Kota Negara

27
0

BarselNews, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyatakan bahwa siap menjadi wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur.

H Nadalsyah mengatakan bahwa hal tersebut untuk menanggapi rencana Pemerintah Provinsi Kalteng yang akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur.

Ia menuturkan bahwa kawasan Barito Utara merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur. Kawasan tersebut yakni Desa Benangin di Kecamatan Teweh Timur.

“Dalam pembangunan yang akan direncanakan, dirinya mempunyai pandangan kawasan tersebut cocok untuk wilayah ketahanan pangan,” kata Nadalsayah kepada BarselNews, Kamis, 29 Agustus 2019.

Menurutnya, dalam pembangunan yang akan direncanakan, dirinya mempunyai pandangan kawasan tersebut cocok untuk wilayah ketahanan pangan.

Bupati yang akrab disapa Koyem ini berpendapat bahwa memiliki kedekatan dengan IKN, dapat meningkatkan kesejahteraan warga di Kalteng khususnya Barito Utara.

Koyem memiliki rancangan pembangunan salah satunya yakni peningkatan infrastruktur jalan di Desa Benangin.

“Kalau memiliki jalan alternatif menuju Kaltim melalui Desa Benangin, kita dapat memangkas jalan sepanjang 100 km dibandingkan kita memutar melalui Kabupaten Barito Selatan menuju ke Kabupaten Tanjung Kalimantan Selatan. Tentunya ini akan menghemat tenaga dan BBM warga yang menuju IKN,” jelas dia.

Orang nomor satu di Kabupaten Barito Utara itu berkeyakinan bahwa Barito Utara mampu menjadi wilayah Kalteng yang menyangga IKN. Pasalnya, Barito Utara memiliki sumber daya alam yang memadai dan sumber tenaga dari gas alam di Desa Bangkanai untuk pemenuhan listrik.

“Untuk wilayah ketahanan pangan, kami kuat. Padi dan jagung kami sudah memiliki peran dalam menjaga ketahanan pangan di Kalteng. Intinya kami siap untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk pembangunan Kalteng menyangga IKN,” pungkasnya. (DN/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here