Beranda Barito Utara Oknum Kades di Barito Utara Diduga Korupsi Anggaran Desa

Oknum Kades di Barito Utara Diduga Korupsi Anggaran Desa

23
0

BarselNews, Muara Teweh – Jajaran Polres Barito Utara kini tengah menangani kasus korupsi yang diduga dilakukan oleh salah satu oknum Kepala Desa (Kades) di Barito Utara dengan menggunakan anggaran desa.

Kapolres Barito Utara, AKBP Dostan Matheus Siregar SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang SIK, Jumat 30 Agustus 2019 mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menangani kasus korupsi pembangunan desa.

Dimana kades tersebut diduga menyalahgunakan anggaran desa yang merugikan negara sebesar kurang lebih Rp 391 juta.

Dimana diduga kedes tersebut melakukan korupsi dibeberapa pembangunan didesa tersebut. Dimana pertanggung jawabannya telah mencapai 100 persen, namun setelah dilakukan pengecekan, realisasinya ditemukan ketidak sesuaian.

Kapolres Barito Utara menyampaikan bahwa setelah dilakukan pengecekan terhadap KAUR keuangan Desa/ bendahara desa, untuk dana pembangunan tersebut dikelola sendiri oleh kepala desa, sehingga ada beberap kegiatan yang tidak disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

“Berdasarkan hasil audit oleh Inspektorat Kabupaten Barito Utara, negara mengalami kerugian mencapai Rp 391 juta lebih atas perbuatas kades itu,” terang Kapolres.

Dikatakannya, pihaknya saat ini mengamankan barang bukti berupa rencana pengguna anggaran 2018, dokumen pencairan ADD, DD dan ADD tambahan, Slip penarikan ADD, DD tambahan dan BHPRD di bank Kalteng, slip penarikan DD di Bank BRI, laporan pertanggung jawaban tahun 2018, buku KAS bendahara desa.

“Saat ini kaus ini telah naik menjadi tahap Sidik, sementara tersangka masih belum dilakukan penangkapan,” jelasnya.(DN/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here