Beranda Barito Utara Munculnya ‘Buaya Gaib’ Gegerkan Masyarakat Barito Utara

Munculnya ‘Buaya Gaib’ Gegerkan Masyarakat Barito Utara

36
0

BarselNews, Muara Teweh – Munculnya seekor buaya di kawasan Wisata Batu Bua di Jalan Keladan RT 04, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menjelang magrib sempat menampakan diri, sehingga membuat geger warga setempat.

Kemunculan buaya ini di duga kuat karena Kemungkinan besar sudah terusik dengan kehadiran warga yang ramai datang untuk berwisata.

Dayat Batara, salah satu penduduk warga setempat menuturkan, bahwa kemunculan buaya tersebut memang benar. Dan bagi masyarakat setempat buaya ini bisa dikatakan buaya gaib yang dipercaya sebagai penunggu di wilayah tersebut.

“Adapun maksud dari batu bua dalam bahasa warga setempat yang diartikan ialah batu buaya yang muncul di tengah alur sungai Barito. Makanya kegiatan di tempat wisata itu kami hentikan dan ditutup karena munculnya buaya gaib tersebut sejak Rabu, 18 September 2019,” kata Dayat kepada wartawan.

Hal ini dilakukan, kata dia, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan nantinya apabila masyarakat tetap melakukan aktivitas di kawasan itu.

Munculnya wisata Batu Bua itu sehubungan terjadi musim kemarau yang cukup panjang serta terjadi kabut asap yang melanda wilayah ini. Di lokasi Batu Bua tersebut warga Lanjas menanam pohon dan tampurung kalui diatas batu sebagai ritual minta hujan.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat di wilayah tersebut bahwa kehadiran buaya gaib merupakan sebagai pertanda buaya yang konon penghuni kawasan itu sudah terganggu, dengan aroma bau amis yang sangat menyengat. (DN/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here