Beranda Barito Utara Bupati Barut: Perlu Peran Serta Elemen Bangsa Wujudkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Bupati Barut: Perlu Peran Serta Elemen Bangsa Wujudkan Derajat Kesehatan Masyarakat

10
0

BarselNews, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Nadalsyah mengatakan perlu peran serta semua elemen bangsa dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat.

“Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 adalah sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dan swasta berperan serta dalam upaya kesehatan,” katanya, di Muara Teweh, Jumat, 1 Nopember 2019.

Selain itu juga lanjut dia, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tanpa mengabaikan kuratif regbilitatif.

Nadalsyah mengatakan, salah satu misi pembangunan Barito Utara adalah meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut guna meningkatkan mutu kesehatan keluarga sebagai suatu lembaga satuan terkecil dari masyarakat yang memiliki peranan penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat.

“Pemerintah perlu mendukung keluarga supaya dapat melaksanakan fungsi kesehatannya secara optimal, oleh karena itu strategi pendekatan keluarga sangat diperlukan dalam mencapai tujuan program Indonesia Sehat,” terangnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat agar dapat mengkonsumsi makanan yang sehat, terutama sayur dan buah, serta senantiasa berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, dan melakukan pemeriksaan kesehaatan secara rutin.

“Kemudian tidak merokok dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, ” kata Nadalsyah.

Acara peringatan ke 55 Hari Kesehatan Nasional tersebut digelar senam massal dan jalan sehat antara pemerintah kabupaten (Pemkab) beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat di wilayah setempat.(DN/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here