Beranda Kapuas Polda Kalteng Bentuk Rayonisasi Dalmas Dalam Hadapi Situasi Kamtibmas

Polda Kalteng Bentuk Rayonisasi Dalmas Dalam Hadapi Situasi Kamtibmas

155
0

ZONA KALTENG, Kuala Kapuas-Kepolisian Daerah (Polda) Kalimat Tengah membentuk rayonisasi satuan pengendalian massa (Dalmas) Polres agar selalu siap siaga dalam menghadapi situasi Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) akibat terjadinya pengerahan massa.

“Latihan bersama rayonisasi kepada dalmas baik dari Polresta Palangka Raya, Polres Gunung Mas, Pulang Pisau dan Kapuas supaya selalu siap siaga dalam menghadapi situasi apapun,” kata Direktur Satmapta Polda Kalteng Kombes Pol Susilo Wardono, di Kuala Kapuas, Jumat, 31 Januari 2020.

Ia mengatakan, latihan bersama ini juga merupakan persiapan dalam menghadapi menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan wakil Gubernur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim).

“Seluruh pasukan di jajaran polres Polda Kalteng telah siap baik secara personil maupun saran prasarana dalam mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” Kombes Pol Susilo Wardono.

Kalau situasi sudah kuning lanjut dia, baru tim brimob masuk ketika eskalasi kuning kalau sudah merah, baru brimob mulai bertindak.

Menurut dia, dalam latihan ini diterapkan teknik dasar baik dalmas awal terkait bagaimana melakukan negosiator, kemudian pengamanan terhadap kontor KPU.

Adapun jumlah personil gabungan dari empat polres tersebut sebanyak 124 orang, dan Polresta Palangka Raya, Polres Gunung Mas, Pulang Pisau dan Polres Kapuas masuk dalam rayon empat, dan Minggu depan akan dilaksanakan latihan bersama di Kotawaringin Timur yang merupakan rayon dua.

Kalau latihan bersama di Kotawaringin Timur kata dia, akan lebih diutamakan, karena disana akan melaksanakan Pilkada sehingga latihan perlu ditingkatkan lagi.

Ia mengharapkan, setelah latihan ini, masing-masing personel lebih memahami pelaksanaan teknik dari kualifikasi perorangan kelompok di tingkat sahbara.(Djemmy Napoleon /A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here