Beranda Kapuas Tim Satgas COVID-19 Sterilkan Kapal Melintas di DAS Kapuas

Tim Satgas COVID-19 Sterilkan Kapal Melintas di DAS Kapuas

339
0
ABK Kapal dicek suhu tubuhnya

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas – Tim Satgas Penanganan COVID-19 terdiri dari Dishub, Dinkes, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangka Raya Wilayah Kerja Kapuas dan POLAIR Polda Kalimantan Tengah sterilkan kapal melintas di DAS Kapuas, di Dermaga Danau Mare, pada Selasa, 7 April 2020.

Tim melakukan pemeriksaan dan penyemprotan kepada kapal jenis Tugboat Nomor GT.58 No.4211/Hha 2016 Hha No. 4036/L TB. SEVENT dengan rute keberangkatan Surabaya – Buntok.

Hal tersebut berkenaan dengan tindakan pencegahan Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas terhadap penyebaran virus Covid-19 salah satunya mengawasi keluar masuknya orang luar daerah memasuki wilayah Kabupaten Kapuas termasuk melewati jalur perairan.

Tim Satgas COVID-19 Kapuas dipimpin Kepala Dishub Vitrianson bersama tim kesehatan dan Satuan Polisi Air (Polair) Polda Kalteng melakukan inspeksi dan disinfeksi terhadap tugboat asal Surabaya, Jawa Timur.

Yang membawa 9 orang termasuk Anak Buah Kapal (ABK) Tongkang tersebut berasal dari wilayah Zona Merah di Indonesia yang terkena dampak Covid-19.

Vitrianson mengatakan kapal laut jenis tugboat ini ingin melintasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas dengan tujuan ke Buntok untuk menarik tongkang, sebelum itu saat melintasi DAS Kapuas mereka harus diperiksa terlebih dahulu dari segi dokumen dan kesehatan.

“Mereka akan kita lakukan inspeksi atau pemeriksaan sesuai dengan SOP seperti pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan diseluruh bagian dalam kapal termasuk properti kapal,” ucap dia.

Kegiatan ini, lanjut dia,  selain mencegah penyebaran Covid-19 juga untuk mensterilkan kapal, apabila terdapat ABK yang sakit maka kapal ini akan kita suruh pulang ketempat asalnya.

Ia juga menambahkan bahwa semua kapal yang ingin masuk ke DAS Kapuas mereka terlebih dahulu dilakukan pengecekan dokumen lengkap di setiap pelabuhan yang mereka lewati.

Kemudian, salah seorang petugas Tim Kesehatan dari PSC 119 Kapuas yang melakukan pengecekan suhu tubuh, Ismail Marzuki mengatakan hasil pengecekan diketahui 9 ABK dikatakan normal dengan suhu tubuh dibawah dari 37 derajat. (DJEMMY NAPOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here