Beranda Pulang Pisau Bupati Pulpis Video Conference Dengan Menteri Sosial Bahas Penyaluran Bantuan Sosial Tunai

Bupati Pulpis Video Conference Dengan Menteri Sosial Bahas Penyaluran Bantuan Sosial Tunai

322
0

ZONA KALTENG, Pulang Pisau-Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo mengikuti video conference dengan Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara membahas terkait penyaluran bantuan langsung tunai (BST).

Dalam video conference tersebut diikuti Gubernur, Bupati/ Walikota, Kepala Dinas Sosial Provinsi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten/ Kota se Kalimantan, Kamis 16 April 2020.

Video conference yang diadakan Kementerian Sosial ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait penyaluran Bansos Tunai dalam penanganan dampak Corona Virus Disease (COVID 19).

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo usai Vidcon mengatakan,BST merupakan bantuan yang di berikan oleh Kementerian Sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Bansos ini nantinya akan diserahkan kepada masyarakat penerima bantuan sebesar 600 ribu rupiah per keluarga per bulan untuk jatah selama 3 bulan.

“Data calon penerima bantuan tersebut diperoleh dari usulan Kades/ Lurah yang sebelumnya di data oleh Ketua RT. Sumber data mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS) yang sebelumnya di peroleh dari desa/ kelurahan,” ujarnya menjelaskan.

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, kata Edy panggilan akrapnya ini, melalui Dinas Sosial telah menerima data usulan calon penerima bansos tunai sejumlah 16.801 KK (kepala keluarga) dari 8 kecamatan. Data tersebut akan segera ditandatangani Bupati dan segera diajukan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Pemerintah baik itu kabupaten, provinsi dan pusat telah menyiapkan beberapa opsi bantuan, oleh karena itu diharapkan pemerintah desa/kelurahan melalui RT untuk aktif melakukan pendataan pada warganya yang di anggap miskin atau keluarga yang secara ekonomi terdampak akibat Covid-19.

Diharapkan, lanjut Edy, tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan baik itu bantuan yang diberikan oleh kementerian, provinsi maupun kabupaten, oleh karena itu Bupati meminta agar data tersebut dapat disinkronkan terlebih dahulu. Namun pemerintah kabupaten juga menyiapkan bantuan sebagai antisipasi untuk masyarakat yang masih tercecer atau belum terdata, supaya juga sama mendapatkan bantuan.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinsos Kabupaten Pulpis, Eknamensi Tawun menambahkan,bantuan dari Pemprov Kalteng saat ini masih dalam proses mekanisme, jadi belum didapat informasi pastinya apakah bantuan tersebut berupa uang tunai atau sembako.(Sendri/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here