Beranda Headline Terlilit Utang! Oknum ASN di Kapuas Nekat Tipu Puluhan Korban

Terlilit Utang! Oknum ASN di Kapuas Nekat Tipu Puluhan Korban

31
0
Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti saat menggelar konferensi pers kasus penipuan

ZONAKALTENG, Kuala Kapuas – Lantaran terlilit utang seorang Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial YH (44) di Kapuas nekat menipu puluhan korban.

Adapun modus pelaku yang bekerja di kantor Kelurahan Kecamatan Kapuas Hilir menjanjikan pekerjaan bagi para korban asal mau menyetor sejumlah uang sebagai pulus untuk bekerja sebagai pegawai honorer di Pemkab Kapuas.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti mengatakan, modus operandi yang dilakukan pelaku dengan menjanjikan para korban bekerja sebagai pegawai honorer dengan menerbitkan SK pengangkatan palsu sebagai bukti memperdaya korban.

“Korban diming iming SK palsu yang di buat dan ditandtangan oleh pelaku sendiri,” kata Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti saat mengelar konferensi pers di mako Polres Kapuas, Senin, 12 Oktober 2020.

Kapolres membeberkan, korban rata-rata warga Kapuas sekitar 27 orang yang sudah menyetor uang bervariasi dari Rp 4 juta bahkan ada yang sampai 2 kali menytorkannya hingga total Rp 8 juta.

“Aksi penipuan ini sudah dijalani pelaku dari tahun 2019 dan hasil uang tersebut dipakai untuk bayar utang,” beber dia.

Ia berharap, dengan informasi ini ada lagi para korban yang lain melaporkan ke Polres Kapuas.

Kasus penipuan ini terungkap, lanjut dia, karena beberapa korban tak kunjung bekerja akhirnya melapor.

“Untuk mempertagung jawabkan perbuatannya pelaku di jerat dengan pasal 378 jo 64 KUHPidana dengan ancaman diatas 5 tahun penjara,” pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here