Beranda Barito Utara Jalan Poros Trinsing Hampir Putus, Masyarakat Diminta Hati-Hati

Jalan Poros Trinsing Hampir Putus, Masyarakat Diminta Hati-Hati

33
0

ZONAKALTENG,Muara Teweh – Akibat hujan yang begitu deras dalam beberapa hari terakhir ini melanda Kabupaten Barito Utara dan sekitarnya membuat gorong-gorong yang berada di jalan poros Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan longsor dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Akibatnya, arus lalu lintas kendaraan dari arah Muara Teweh menuju Desa Trinsing dan sebaliknya, terhambat karena jalan yang akan dilalui rusak dan hanya dapat dilalui kendaraan roda dua.

Dan jalan yang bisa dilalui hanya sekitar 1 (satu) meter.

Kepala Desa Trinsing, Heri Mansupardi menyatakan akibat curah hujan yang begitu deras selama dua hari terakhir di Desa Trinsing mengakibatkan salah satu gorong-gorong di Desa Trinsing ambruk dan rusak.

“Jalan hampir putus, sehingga jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Hanya tinggal satu meter jalan yang bisa dilalui kendaraan,” kata Kades Trinsing, Kamis 29 Oktober 2020.

Heri juga mengingatkan dan meminta kepada masyarakat yang akan melintas di jalan menuju Desa Trinsing agara diharapkan berhati-hati dan waspada agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Selain itu, dia juga mengharapkan kepada pemerintah daerah agar dapat segera menindak lanjuti kerusakan jalan tersebut, sehingga akses masyarakat dapat kembali lancar.

Sementara, salah seorang warga Desa Trinsing Juli mengatakan rusaknya gorong-gorong yang menuju desa Trinsing itu akibat curah hujan yang cukup tinggi sehingga tidak bisa menampung air yang mengalir.

“Kejadian runtuhnya gorong-gorong itu sekitar malam tadi. Dan sudah terlihat ada kerusakannya pada gorong-gorong tersebut,” kata Juli, Kamis 29 Oktober 2020.

Gorong-gorong yang rusak tersebut berada sekitar 100 meter dari simpang 4 (empat) menuju ke Desa Trahean. Kalau dari arah Muara Teweh tepatnya berada di tanjakan Guntung Layung.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik ketika dihubungi melalui telepon berada di Desa Ketapang Kecamatan Gunung Timang dalam rangka pengecekan jalan dan jembatan.

Dinas PUPR Barito Utara, kata dia, akan segera menangani kerusakan jalan poros desa Trinsing tersebut.

“Insya Allah hari ini kita akan kirimkan material untuk pembuatan jembatan darurat agar transportasi masyarakat dari dan menuju Desa Trinsing bisa lancar. Setelah dari Desa Ketapang saya akan langsung melakukan pengecekan ke lokasi tersebut,” kata Iman Topik.(DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here