Beranda Barito Utara Manfaatkan Program CSR, Pemdes Luwe Hulu Bangun Kolam Pembibitan Ikan

Manfaatkan Program CSR, Pemdes Luwe Hulu Bangun Kolam Pembibitan Ikan

303
0
Plt Kadis Sos PMD Barito Utara Eveready Noor didampingi Camat Lahei Barat Adi Suwarman, Kades Luwe Hulu Arisandi dan Ketua BPD Luwe Hulu Shela Oktiawati saat meninjau bangunan kolam ikan di desa Luwe Hulu.

ZONAKALTENG, Muara Teweh – Dengan memanfaatkan program CSR dari perusahaan yang berinvestasi diwilayah mereka, Pemerintah Desa (Pemdes) Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara tingkatkan perekonomian desa.

Dimana Pemdes Luwe Hulu membangun kolam pembibitan dan pembesaran ikan diwilayah mereka dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat serta perusahaan akan ikan.

Kepala Desa Luwe Hulu, Arisandi, Selasa 17 November 2020 mengungkapkan, bahwa dengan program CSR ini tentunya sangat membantu pemerintah desa dalam pembangunan di desa dalam hal perekonomian dan SDM.

Saat ini, kata dia, program CSR dari salah satu perusahaan yakni PT Medco Energy yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Hulu Migas ini dimanfaatkan dengan pembuatan kolam pembibitan dan pembesaran ikan.

“Saat ini, kolam pembibitan dan pembesaran ikan masih dalam tahap pembangunan, diharapkan pekerjaan pembangunan tidak ada kendala , sehingga kolam tersebut dapat selesai sesuai jadwal,” ungkap Arisandi.

Dia menyampaikan bahwa, kolam ini di lokasikan di sekitar taman wisata air terjun Olong yang berjarak sekitar 1,5 km dari desa. “Kita buat dua kolam, satu untuk pembenihan dan satunya lagi untuk pembesaran ikan dengan total biaya sebesar Rp350 juta,” terangnya.

Dikatakan Arisandi, kegiatan pembangunan dilakukan oleh masyarakat desa, rencana bibit ikan yang akan dikembangkan yaitu ikan nila dan hasilnya nanti untuk kebutuhan warga dan perusahaan.

“Apabila program CSR dari PT Medco Energy ini berhasil kami akan membangun lagi kolam-kolam untuk pembesaran ikan nila. Sehingga nantinya bisa mencukupi kebutuhan warga dan pihak perusahaan yang ada di wilayah Desa Luwe Hulu ini,” kata Arisandi.

Sementara Ketua BPD Desa Luwe Hulu, Shella Oktiawati mengatakan pihaknya akan membawa pengelola kolam ikan untuk berkonsultasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara untuk mendapat pembinaan secara rutin.

“Dalam waktu dekat ini akan membentuk kelompok petani pengelola ikan air kolam. Warga yang berwisata ke air terjun Olong ini sekaligus dapat melihat, belajar mengelola ikan air kolam,” kata Shela Oktiawati.

Plt Kadis Sos PMD Barito Utara Eveready Noor menyambut baik pembuatan kolam ikan yang merupakan program CSR dari PT Medco Energy. Ia juga berpesan juga kepada pengelola agar selalu memperhatikan air kolam yang digunakan dan pakan ikannya.

“Kelompok tani kolam ini agar benar-benar serius belajar mengelolanya dengan meminta bimbingan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara, jangan sampai kolam yang dibangun dengan biaya yang cukup besar ini jadi mubazir tidak berguna,” tegas Eveready Noor.(DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here