Beranda Kapuas Dishub Kapuas Siapkan 6 Mobil Angkutan Pedesaan Tarif Murah

Dishub Kapuas Siapkan 6 Mobil Angkutan Pedesaan Tarif Murah

103
0
Mobil yang digunakan mengangkut penumpang pedesaan

ZONAKALTENG,  Kuala Kapuas – Dinas Perhubungan (Dishub) Kapuas menyiapkan 6 unit mobil angkutan pedesaan dengan tarif murah.

Kepala Dishub Kapuas, Vitriason Rangin melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Jagau mengatakan, hal ini upaya membuka akses pedesaan mempermudah masyarakat ke ibu kota Kabupaten maupun berkunjung ke situs bataguh.

Angkutan pedesaan ini, lanjut dia, untuk warga Kelurahan Kupang, Kecamatan Bataguh.

“Kita buka akses baru melayani masyarakat dengan angkutan pedesaan di Kelurahan Kupang, Kecamatan Bataguh, ” kata Jagau, Rabu, 18 November 2020.

Ia membeberkan, adapun tariff angkutan relatif murah untuk satu orang dipatok Rp 2.500. Jadi jika pulang pergi dari Kupang ke Kota Kuala Kapuas hanya Rp 5.000.

Armada yang digunakan, sambung dia, mobil angkutan antar jemput siswa sekolah. Karena dimasa pamdemi covid-19 aktivitas proses belajar mengajar secara tatap muka ditiadakan.

“Ada 6 buah mobil kami sediakan untuk angkutan pedesaan, 3 diterminal danu mare dan 3 unit lagi di kelurahan Kupang, nantinya secara bergantian mengangkut penumpang serta jadwalnya telah diatur,” beber dia.

Ia menambahkan, keberangkatan pertama baik dari Kupang maupun dari terminal danu mare pukul 06.00 wib, sedangkan keberangkatan kedua pukul 07.30 wib dan keberangkatan ketiga pukul 08.30 wib.

Akan dilakukan secara bergantian alat transportasi pedesaan tersebut akan terintegrasi dengan pengembangan wisata yang berada di Kecamatan Bataguh.

“Kita sudah mengatur jadwal keberangkatan, sehingga nantinya warga tidak harus menunggu lama apabila mau bepergian ataupun kembali karena jadwal sudah diatur,” ucap dia.

Rencananya akan dilaunching pada 23 November 2020 mendatang angkutan pedesaan dengan rute Kelurahan Kupang kota Kuala Kapuas dan bagi masyarakat yang mau berusaha dibidang angkutan dalam kota akan difasilitasi.

“Untuk merangsang minat para pengusaha angkutan akan kita fasilitasi dan ini merupakan usulan masyarakat dan kita sudah survei memang layak,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah dihibahkan tanah untuk pembangunan terminal oleh kelurahan serta sudah diusulkan menggunakan APBD. (DJEMMY NAPOLEON/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here