Beranda Barito Selatan DPRD HSU kunker ke Barsel pelajari pengolahan sampah non organik

DPRD HSU kunker ke Barsel pelajari pengolahan sampah non organik

27
0

ZONAKALTENG, Buntok-DPRD Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Barito Selatan, Kalimantan Tengah mempelajari pengelolaan sampah non organik.

“Dari hasil kunjungan kerja ini, kami dapatkan informasi bahwa sampah betul-betul dimanfaatkan dengan baik,” kata Wakil Ketua DPRD Hulu Sungai Utara (HSU), Mawardi, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, sampah-sampah yang dikelola tersebut dikumpulkan dan pada akhirnya dapat menambah pendapatan masyarakat.

Sedangkan sampah basah dapat dijadikan dijadikan pupuk organik yang bermanfaat bagi pertanian dan perkebunan di Kabupaten HSU.

Ia mengatakan, untuk di Kabupaten HSU, pengelolaan sampahnya masih belum kearah itu, walaupun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah sudah ada sejak lama.

“Malah kabupaten tetangga kami seperti Kabupaten Balangan, dan Tabalong sudah bisa memanfaatkan sampah pada TPA tersebut karena lahannya luas,” ucap Mawardi yang juga dari fraksi Kebangkitan Bangsa itu.

Namun lanjut dia, lantaran jarak TPAnya jauh yang berada di Tebing Liring, Kecamatan Amuntai Utara, sehingga dua kabupaten tersebut saat ini mengelola TPA nya masing-masing.

Oleh karena itu, pihaknya nantinya akan mengupayakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSU agar memanfaatkan sampah-sampah non organik dan organik tersebut.

“Sebab kalau sampah non organik dikelola dengan baik akan bisa menambah pendapatan masyarakat, sedangkan untuk sampah organik dapat dibuat menjadi pupuk atau kompos,” ucap Mawardi.

Sementara Kepala Bagian Umum DPRD Barito Selatan, Herlina T. Rinti mengucapkan terima kasih kepada DPRD HSU yang telah berkunjung ke Barito Selatan.

“Dalam pertemuan tersebut, kita sudah menyampaikan bahwa di Barito Selatan sudah ada Bank Sampah dan sudah berjalan dengan baik,” tambah dia.

Ia juga menyampaikan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Selatan sudah melakukan sosialisasi terkait pengelolaan sampah tersebut kepada masyarakat di Kabupaten Barito Selatan ini.(BI/A1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here