Beranda Pulang Pisau Pj Sekda Pulang Pisau Buka Sosialisasi Program dan Manfaat BPJS Ketenaga Kerjaan...

Pj Sekda Pulang Pisau Buka Sosialisasi Program dan Manfaat BPJS Ketenaga Kerjaan Non ASN

23
0
Pj. Sekda Pulpis H. Saripudin membuka sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenaga Kerjaan kepesertaan Non Aparatur Sipin Negara (ASN).

ZONAKALTENG, Pulang Pisau – Pj Sekda Pulang Pisau, H. Saripudin membuka sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenaga Kerjaan kepesertaan Non Aparatur Sipin Negara (ASN) di semua SOPD, bertempat di Aula Bappedalitbang,.

Saripudin, bahwa secara garis besar sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat, karena banyak program-program bagus untuk di tawarkan kepada para tenaga kerja baik formal maupun informal.

Hanya saja, sambung dia, semua orang masih ada yang tidak mengetahui apa saja program-program dari BPJS Ketenaga Kerjaan.

Oleh sebab itu, melalui kesempatan sosialisasi inilah khususnya dilingkungan Pemerintah Daerah agar dapat memahami program program yang ditawarkan oleh BPJS Ketenaga Kerjaan.

“Untuk sosialisasi dari BPJS Ketenaga Kerjaan ini dilaksanakan khusus Pemerintah Daerah kepada OPD-OPD apa saja sih program program yang ada itu,” kata Saripudin.

Ia menjelaskan, seperti yang disampaikan oleh pihak BPJS Ketenaga Kerjaan bahwa ada salah satu tenaga kerja harjan lepas (TKHL) yang juga terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenaga Kerjaan.

Namun, TKHL ini meninggal dunia tetap mendapatkan santunan, sementara premi TKHL itu kecil, tetapi syukurnya BPJS Ketenaga Kerjaan menyalurkan langsung santunan tersebut.

Terpisah, Kepala Cabang BPJS Ketenaga Kerjaan, Kabupaten Kapuas Agus Sutejo menambahkan, dimana pihaknya memberikan sosialisasi kepada TKHL di masing-masing OPD, dan dengan harapan sosialisasi itu dapat dipahami, terutama program-program dari BPJS Ketenaga Kerjaan.

” Kami menyampaikan manfaat program BPJS Ketenaga Kerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiunm yang mana program-program ini adalah program pemerintah sesuau dengan undang-undang,” bebernya.

Untuk sosialisasi yang di ikuti TKHL ini, lanjut dia, ada dua program yang disosialisasikan yaitu Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja termasuk juga terkait tabungan hari tua.

” Harapan kita melalui sosialisasi ini para peserta bisa memahami dan mengetahui program kita serta manfaatnya, tujuan kita untuk TKHL yang belum terdaftar ini, dapat segera didaftarkan melalui BPJS Ketenaga Kerjaan,” paparnya.

Ia menambahkan, para peserta yang mengikuti program dan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenaga Kerjaan ini, iuran bagi para peserta ini relatif murah. Sementara untuk wilayah Pulang Pisau sudah terdaftar sebanyak 115 perusahaan, termasuk Instansi Pemerintah.

“Total tenaga kerja formal yang terdaftat sebanyak 6.007, dan untuk non ASN sebanyak 1.254 orang TKHL,” pungkasnya. (SENDRI/A2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here