Beranda Barito Utara BPBD Barito Utara Siap Menghadapi Bencana

BPBD Barito Utara Siap Menghadapi Bencana

9
0

ZONAKALTENG, Muara Teweh – Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara telah siap dalam menghadapi bencana yang terjadi diwilayah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara, H Gazali Montalatua mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sumber daya manusia dan serta Masyarakat Peduli Api (MPA) serta sarana prasarana penunjang diwilayah-wilayah rawan akan terjadinya bencana.

“Yang namanya bencana selalu ada, tinggal bagaimana cara kita untuk mengantisipasi dengan kesiapan SDM kita, sarana dan prasarana serta hubungan koordinasi antar lembaga baik TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Manggala Agni dan juga Tagana serta komponen-komponen lain,” kata Gazali, Selasa 23 Februari 2021.

Selain itu juga, tambah dia, disetiap organisasi Masyarakat Peduli Api memiliki satu unit water supply, satu unit pengangkut personil dan dua sepeda motor CRF dan alat-alat pelindung diri dan Zet Sutter.

“Dan ini adalah persiapan sarana dan prasarana yang kita tempatkan di daerah titik rawan bencana yang pada saat terjadi bencana kita tinggal kita berkoordinasi dan bisa bergerak dengan cepat. Alhamdulillah Kodim 1013/Mtw sudah memiliki tim reaksi cepat didukung oleh BPBD, Polri, Satpol PP semuanya akan bersinergi nantinya,” ujarnya.

Menurut Gazali, bencana itu selalu ada tapi bagaimana kesiapan kita untuk mengantisipasinya karena bencana seperti karhutla 99 persen pemicunya adalah oleh manusia dan cuaca alam yang sudah kita ketahui.(DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here